News Kamis, 24 Februari 2022 | 19:02

Rusia Gempur Ukraina, Jokowi: Stop Perang yang Sengsarakan Umat Manusia

Lihat Foto Rusia Gempur Ukraina, Jokowi: Stop Perang yang Sengsarakan Umat Manusia Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpidato di Istana Kepresidenan Bogor. (foto: Tangkapan Layar/YouTube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui akun twitter resminya @jokowi menyerukan penghentian perang antara Rusia dengan Ukraina.

"Setop perang. Perang itu menyengsarakan umat manusia, dan membahayakan dunia," kata Presiden Jokowi, Kamis, 24 Februari 2022.

Hal tersebut terkait dengan pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang pada hari ini mengumumkan dimulainya operasi militer khusus di wilayah Donbass Ukraina dengan tujuan "demiliterisasi dan denazifikasi" Ukraina.

Sebelumnya pada Selasa, 22 Februari 2022, Presiden Jokowi juga menyampaikan pandangan mengenai krisis di Ukraina melalui akun twitternya.

"Saya memiliki pandangan yang sama dengan Sekjen PBB Antonio Guterres bahwa penanganan krisis Ukraina harus dilakukan secara cermat agar bencana besar bagi umat manusia bisa dihindarkan. Tetapi, upaya perdamaian ini harus cepat dan tidak bisa ditunda-tunda," tulis Presiden Jokowi.

Pernyataan tersebut melanjutkan pernyataannya pada Senin, 21 Februari 2022 yang juga masih terkait dengan kondisi Ukraina.

"Rivalitas dan ketegangan di Ukraina harus dihentikan sesegera mungkin. Semua pihak yang terlibat harus menahan diri dan kita semua harus berkontribusi pada perdamaian. Perang tidak boleh terjadi," demikian cuitan tersebut.

"Saatnya dunia bersinergi dan berkolaborasi menghadapi pandemi. Saatnya kita memulihkan ekonomi dunia, mengantisipasi kelangkaan pangan, dan mencegah kelaparan," kata Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya