Daerah Minggu, 03 Juli 2022 | 19:07

RW 11 Karyamulya Kota Cirebon Jadi Kampung Seni dan Budaya

Lihat Foto RW 11 Karyamulya Kota Cirebon Jadi Kampung Seni dan Budaya Launching RW 11 Mekarmulya Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon sebagai kampung Berkarakter. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

CirebonWakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati launching RW 11 Mekarmulya Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon sebagai kampung seni dan budaya kharismatik terdepan (Berkarakter), Sabtu 2 Juli 2022. 

“Pemda Kota Cirebon mendukung hadirnya kampung seni dan budaya di Kelurahan Karyamulya. Semoga generasi muda lebih cinta dengan warisan leluhur,” kata Eti.

Kampung seni dan budaya, kata Eti, diharapkan menjadi wadah bagi generasi muda berkreativitas. Bukan hanya itu, ia ingin kampung seni dan budaya menjadi destinasi wisata baru di Kota Cirebon.

“Generasi muda adalah penerus bangsa. Kami bangga jika generasi muda mau belajar seni dan budaya di Kota Cirebon,” katanya.

Pagelaran kampung seni dan budaya juga diharapkan menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat. Ia yakin pertunjukan yang diadakan setiap bulan mampu menyedot perhatian masyarakat sekitar.

“Banyaknya penonton yang datang akan mendorong perekonomian masyarakat, terutama UMKM yang berada di dekat lokasi pertunjukan,” tutur Eti.

Sementara itu, Lurah Karyamulya, Wawan Gunawan mengatakan, kampung seni dan budaya merupakan rintisan dari program RW unggulan di Kota Cirebon. Sengaja memilih RW 11 karena memiliki banyak talenta di bidang seni budaya. 

“Kami ingin generasi muda di Kelurahan Karyamulya menunjukan kreativitas di bidang seni dan budaya. Kami sediakan panggung budaya di depan kantor kelurahan,” katanya. 

Bukan hanya tari topeng, kata Wawan, rencananya di kampung seni dan budaya ini generasi muda bisa memperkenalkan kerajinan khas Kota Cirebon. Seperti lukisan kaca, membuat topeng dan membatik. 

“Mereka bisa mengenalkan kerajinan khas Kota Cirebon sekaligus mengajarkan kepada masyarakat di kelurahan Karyamulya,” ujarnya.

Tujuan dari hadirnya kampung seni dan budaya, lanjut Wawan, untuk menumbuhkan bakat generasi muda. Sehingga ke depan, Kelurahan Karyamulya menjadi tempat wisatawan belajar seni dan budaya Kota Cirebon. 

“Potensi yang ada di Kelurahan Karyamulya akan kami gali dengan tujuan menjadi rujukan dalam belajar seni dan budaya,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya