Daerah Minggu, 05 Februari 2023 | 07:02

Sabtu Ceria Taman Tjimanoek, Ajang Edukasi dan Kreativitas Siswa

Lihat Foto Sabtu Ceria Taman Tjimanoek, Ajang Edukasi dan Kreativitas Siswa Sabtu Ceria Taman Tjimanoek, ajang edukasi dan kreativitas siswa. (Foto: Opsi)
Editor: Yohanes Charles

Indramayu – Sabtu Ceria Taman Tjimanoek yang merupakan giat rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu tentunya tidak lepas dari dukungan stakeholder terkait di lingkungan Kabupaten Indramayu.

Program yang digagas Bupati Indramayu Nina Agustina ini menjadi ruang edukasi sekaligus memberikan ruang kepada anak untuk berekspresi menuangkan bakat sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Kali ini, Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek diikuti oleh ratusan peserta dari siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Lohbener, Sabtu, 4 Februari 2023.

Rangkaian kegiatannya antara lain penampilan Pencak Silat, Kreasi Tari Srimpi, Tari Kreasi Manuk Dadali. Selain itu ada pula edukasi Literasi di Sudut Baca Tjimanoek bersama tim Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu memberikan materi Mitigasi Bencana. Ada pula Belajar Memasak bersama Tim Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu, serta melukis bersama King Jerry.

Dalam kesempatannya, Ketua Pelaksana dan Penanggung Jawab Sabtu Ceria Ririn Oce Iskandar menyampaikan, kegiatan ini 90%nya adalah pemberian edukasi, juga mendorong anak mengembangkan minat dan bakatnya bersama pihak yang berkompeten.

Hal ini sebagai pemberdayaan aset guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik di Kabupaten Indramayu.

“Program Sabtu Ceria yang digagas Bupati Nina Agustina ini merupakan program serius dimana pendidikan harus menjadi yang utama, dan ini menjadi fokus pihak Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk peduli dengan selalu menyalurkan edukasi kepada anak didik di Kabupaten Indramayu. Hendaklah kita bersama-sama mengembangkan bakat dan meningkatkan potensi anak sebagai aset generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Ririn Oce Iskandar melanjutkan, untuk mengimplementasikan kegiatan yang sukses maka diperlukan kontribusi dari stakeholder terkait dengan para kepala sekolah, guru, dan peserta didik sehingga menjadi motivasi seluruh warga sekolah untuk membangkitkan motivasi pada kesempatan Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek menuju Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

Sementara itu, Kepala Bidang Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, Baman menyatakan, program Bupati Nina Agustina yakni Sabtu Ceria menjadi gagasan dan wawasan dunia pendidikan yang sangat bermanfaat bagi para anak didik di Kabupaten Indramayu.

“Sabtu Ceria program Bupati Nina yang sangat cemerlang, sehingga di Taman Tjimanoek ini selain wahana rekreasi tetapi juga terdapat wahana edukasi, para anak didik bisa mendapatkan kesempatan unjuk diri mengembangkan bakat dan potensinya,” ungkapnya.

Baman memaparkan, tidak lepas dari pengelolaan yang terukur dan terarah, sekolah memiliki berbagai sumber, baik sumber daya lingkungan maupun sumber daya manusianya, yang mana keduanya menjadi aset bagi sekolah untuk mengembangkan institusinya dan para peserta didiknya.

Dirinya berharap, program Sabtu Ceria dapat terus berlanjut dan dipertahankan pada tiap minggunya, dimana dengan terlaksananya kegiatan Sabtu Ceria yang terlaksana pada tiap minggunya dapat dijadikan evaluasi perihal kesiapan dan persiapan bagi yang mendapatkan kesempatan untuk hadir pada kegiatan Sabtu Ceria.

Guna mendukung program Sabtu Ceria, Pemerintah Kecamatan Juntinyuat turut membangun sinergi dengan memberikan roti dan air mineral kepada ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Lohbener. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya