News Minggu, 22 Oktober 2023 | 20:10

SAH, Prabowo Umumkan Gibran Wakilnya

Lihat Foto SAH, Prabowo Umumkan Gibran Wakilnya Prabowo Subianto dan para ketua umum parpol koalisi. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju mengumumkan secara resmi Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Pengumuman disampaikan Prabowo dihadiri seluruh ketua umum koalisi parpol pengusung dan pendukung di Kertanegara rumah Prabowo pada Minggu, 22 Oktober 2023 malam.

Hadir di sana Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Gelora Muhammad Anis Matta, dan Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

"Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," katanya.

Disebut Prabowo, deklarasi untuk masyarakat umum akan dilakukan sesaat menjelang pendaftaran ke KPU RI, yakni 25 Oktober 2023 mendatang.

Prabowo menegaskan, seluruh parpol koalisi sepakat, bulat, dan konsensus untuk Indonesia Maju.

BACA JUGA: Deklarasi Forum Rakyat Demokratik di Pemalang, Aktivis Serukan Jangan Pilih Capres Penculik

Ini menjawab teka-teki soal posisi Gibran sebagai peserta Pilpres 2024. Putra sulung Presiden Jokowi itu merupakan kandidat termuda dari pasangan capres cawapres. Usia Gibran saat ini 37 tahun. 

Hampir dipastikan ada tiga kandidat pasangan capres cawapres dalam Pilpres 2024 mendatang.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung NasDem, PKB, dan PKS. Ganjar Pranowo-Mahfud Md diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.

KPU RI sendiri sudah membuka pendaftaran pasangan capres cawapres sejak 19 Oktober 2023. 

Anies-Cak Imin sudah mendaftar bahkan telah mengikuti tes kesehatan. Demikian juga Ganjar-Mahfud sudah mendaftar dan melakukan tes kesehatan pada Minggu, 22 Oktober 2023 di RSPAD Gatot Soebroto. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya