Daerah Kamis, 21 Juli 2022 | 14:07

SaKA Nilai Sekwan DPRK Layak Jadi Pj Bupati Abdya

Lihat Foto SaKA Nilai Sekwan DPRK Layak Jadi Pj Bupati Abdya Kabid Hukum dan HAM SaKA, Khairul Azmi. (Foto: Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya – Yayasan Supremasi Keadilan Aceh (SaKA) menilai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) Amiruddin layak ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) bupati Abdya untuk menggantikan Akmal Ibrahim yang masa jabatannya berakhir pada 14 Agustus 2022 mendatang.

"Dari tiga nama yang diusulkan DPRK, SaKA menilai Amiruddin yang sangat layak ditetapkan sebagai Pj Bupati Abdya, menggantikan Akmal Ibrahim," kata Kabid Hukum dan HAM, Khairul Azmi, di Blangpidie, Kamis, 21 Juli 2022.

Menurutnya, ada beberapa penilaian sehingga Amiruddin layak ditunjuk jadi Pj Bupati Abdya, misalnya dia sudah pernah menduduki sejumlah SKPK.

Dengan demikian, kata dia, Amiruddin dianggap paham betul dan berpengalaman di Pemerintah Abdya.

Selain itu, sebut Khairul, Amiruddin juga bukan orang asing di Pemkab Abdya, sebab Sekwan DPRK itu merupakan putra asal Aceh Barat Daya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar Pemerintah Pusat menunjuk putra daerah sebagai Pj Bupati Abdya.

"Sekwan DPRK itu bukan orang asing di Pemkab Abdya, selain itu dia (Amiruddin) juga putra Abdya, sehingga kita harapkan pusat menunjuk Amiruddin jadi Pj Bupati Abdya," tuturnya.

Dia juga mengatakan, selain putra daerah, Amiruddin juga memiliki hubungan yang bagus dengan berbagai lembaga, di mana dia memiliki gaya komunikasi yang baik sehingga kita tidak ragu atas kepemimpinan Amiruddin jika pemerintah pusat menunjuknya jadi Pj Bupati Abdya.

"Kita melihat hubungan dan komunikasi Amiruddin dengan berbagai lembaga juga bagus, sehingga kita meyakini Amiruddin sangat layak untuk jadi Pj Bupati, dan kita berharap pemerintah pusat menunjuk Amiruddin untuk menggantikan Akmal yang mau habis jabatan," ucapnya.

Untuk diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) telah mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati Abdya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun tiga nama tersebut yakni Kepala Sekretariat Majelis Adat Aceh (MAA) Darmansyah, Kepala Diskop dan UKM Aceh, Azhari, serta Amiruddin yang saat ini menjabat sebagai Sekwan DPRK Abdya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya