Hiburan Kamis, 18 April 2024 | 21:04

Sambut Hari Bumi 2024, Endah N Rhesa dan Navicula Rilis Single Segara Gunung

Lihat Foto Sambut Hari Bumi 2024, Endah N Rhesa dan Navicula Rilis Single Segara Gunung Endah N Rhesa berpose dengan unit rock Navicula. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Duo folks Indonesia, Endah N Rhesa berkolaborasi dengan unit rock asal Bali, Navicula dalam single baru bertajuk Segara Gunung. Proyek penggarapan tembang ini, dilepas demi menyambut peringatan Hari Bumi 2024.

Lewat keterangan tertulisnya, Endah dan vokalis Navicula, Gede Robi mengatakan bahwa lagu ini direkam dengan memasukkan elemen suara-suara alam khas Nusantara, seperti hutan hujan tropis dan samudera.

Lagu ini, mewakili Indonesia di inisiatif musik global, Sounds Right yang turut melibatkan deretan musisi internasional semisal Ellie Goulding, AURORA, David Bowie x Brian Eno, UMI x V dari BTS, MØ, London Grammar, dan lain-lain.

"Inisiatif `Sounds Right` sangat penting bagi Indonesia," ucap Gede Robi, dikutip Opsi pada Kamis, 18 April 2024.

"Negara kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan area hutan hujan terbesar ketiga di dunia, dan salah satu ekosistem yang paling beragam secara biologis di bumi. Namun, deforestasi, perubahan iklim, dan polusi merusak alam dan membawa kepunahan bagi banyak makhluk hidup," tuturnya.

Vokalis grup band Navicula, Gede Robi. (Foto: Opsi/Fernando Pasaribu)

Robi menjelaskan bahwa inisiatif musik global Sounds Right menjadikan Alam sebagai musisi resmi dengan profil yang dibuat dan terverifikasi di Spotify dengan nama NATURE.

Dengan mendengarkan lagu-lagu dari NATURE, para pecinta musik akan turut membantu menggalang dana untuk konservasi alam dan rehabilitasi ekosistem.

Inisiatif ini diluncurkan di New York, Amerika Serikat oleh The Museum for the United Nations - UN Live menjelang Hari Bumi yang bertujuan untuk mendorong percakapan global tentang pentingnya peran alam dan mendukung jutaan pecinta musik untuk ambil tindakan nyata dalam melindungi planet kita.

Selain Indonesia, berbagai musisi dari berbagai negara juga terlibat di gerakan global ini, seperti Kolombia, Norwegia, Venezuela, Kenya, Denmark, Inggris, Amerika Serikat, dan India.

Sederet artis internasional yang tergabung dalam Sounds Right, termasuk Navicula dan Endah N Rhesa, merilis lagu baru dengan menampilkan suara Alam dan menyebutnya sebagai musisi kolaborator di lagu tersebut – Feat. NATURE.

Baca juga: Album Sonic/Panic Karya 13 Musisi Indonesia Dirilis di Iklim Fest 2023

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-25, Navicula Rilis Album Archipelago Rebels

Selain lagu kolaborasi dengan musisi, para pendengar juga dapat menikmati suara Alam. Sebagian besar royalti dari lagu-lagu dan suara oleh Feat. NATURE nantinya akan dialokasikan untuk inisiatif konservasi lingkungan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya