Daerah Jum'at, 29 Juli 2022 | 23:07

Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Santri Ponpes Jagasatru Cirebon Gelar Pawai Obor

Lihat Foto Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Santri Ponpes Jagasatru Cirebon Gelar Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 ratusan santriwan dan santriwati Ponpes Jagasatru Kota Cirebon gelar pawai obor. (Foto: Opsi/Charles).
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H pada Jumat 29 Juli 2022, ratusan santri Pondok Pesantren Jagasatru Kota Cirebon melakukan pawai obor.

Dengan mengusung tema `Indonesia Berhijrah menuju Akhlak Karimah, Bangsa Berukhuwah dan Tanah Air Berkah` ini dilepas Pengasuh Pondok Pesantren Jagasatru Habib Hasanain Bin Muhammad Yahya.

Para santri yang tergabung dalam naungan Pondok Pesantren Jagasatru mulai dari tingkat MI, MTs dan MA dan lembaga lainnya berjalan beriringan dengan obor menyala di tangan masing-masing dan dibalut lantunan shalawat ini menyusuri jalan kurang lebih sejauh 5 kilometer.

Pengasuh Pondok Pesantren Jagasatru, Habib Hasanain Bin Muhammad Yahya menuturkan, peringatan 1 Muharram 1444 ini sebagai momentum untuk mendapatkan berkah dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW. 

Ia berharap, Tahun Baru Islam ini menjadikan kehidupan kita lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan Allah SWT jadikan kita insan yang bermanfaat. Jadikan keluarga kita yang dijaga Iman Islamnya," ujar ulama yang juga Ketua MUI Kota Cirebon ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Acara, Ustadz Hamid Yahya mengatakan, kegiatan ini merupakan gelaran pertama pawai obor yang sempat vakum selama 2 tahun semenjak Covid-19 merebak. 

"Walaupun tidak semeriah 2 tahun sebelumnya, namun antusiasme masyarakat dan lembaga yang berada di naungan kita sangat baik," katanya.

Baca juga:

Pengantin Baru di Indramayu Dapat Hadiah KTP dan KK dari Bupati Nina Agustina

Cirebon Bersholawat, Wujud Syukur dan Ikhtiar Teladani Sunan Gunung Jati

Ia melanjutkan, pawai obor ini diikuti oleh kurang lebih 500 santri dari 13 lembaga yang berada di naungan Pondok Pesantren Jagasatru. 

"Di tahun baru Islam ini, saya harap kita dapat merenung dan hijrah untuk lebih baik di tahun mendatang," pungkasnya.

Diakhir acara, para santri Pondok Pesantren Jagasatru menunjukkan kebolehannya seperti bermain bola api, kupas kelapa hingga pecah botol. 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya