Daerah Senin, 16 Mei 2022 | 20:05

Sambut Trisuci Waisak 2022, Ratusan Umat Buddha di Rembang Kirab Keliling Kampung

Lihat Foto Sambut Trisuci Waisak 2022, Ratusan Umat Buddha di Rembang Kirab Keliling Kampung Umat Buddha di Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem melakukan kirab keliling kampung, yang dimulai dan berakhir di komplek Vihara Ratanavana Arama. (Foto: Opsi/Humas Pemprov Jateng)
Editor: Yohanes Charles

Rembang – Menyambut peringatan Hari Trisuci Waisak 2022, umat Buddha di Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem melakukan kirab keliling kampung, yang dimulai dan berakhir di komplek Vihara Ratanavana Arama, Minggu 15 Mei 2022 malam.

Kirab dilakukan dengan membawa patung Buddha dan kitab suci Tripitaka, serta gunungan hasil bumi seperti buah-buahan dan sayuran.

Bhikkhu Vihara Ratanavana Arama, Piyadhiro Thera, menjelaskan kirab tersebut merupakan prosesi perjalanan dari satu tempat ke tempat yang dituju, membawa puja atau barang persembahan.

“Persembahan itu di sini, umat-umat membawa gunungan buah-buahan, hasil bumi, makanan,” tuturnya.

Piyadhiro menjelaskan, setelah kirab selesai, acara dilanjutkan doa bersama lagi. Setelah itu, gunungan berupa makanan tersebut dimakan bersama-sama sebagai wujud syukur dan kebersamaan.

“Sehabis kirab, kita berdoa lagi kemudian gunungan kita makan bersama sebagai wujud kebersamaan. Karena agama Buddha ini dekat dengan alam,” lanjutnya.

Disampaikan, puncak detik-detik Trisuci Waisak ke-2556 akan dilaksanakan pada Senin 16 Mei 2022 dengan kegiatan berupa puja bakti dan meditasi.

Diketahui, perayaan Waisak di Vihara Ratanavana Arama diikuti oleh umat Buddha di Kabupaten Rembang. Namun, karena masih dalam situasi pandemi, saat ini masih diikuti perwakilan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya