News Rabu, 17 Juli 2024 | 17:07

Samsung Ungkap Fitur Canggih Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro

Lihat Foto Samsung Ungkap Fitur Canggih Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro Samsung Buds 3 Series. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Samsung Indonesia mengungkapkan fitur canggih yang dimiliki perangkat wearable terbaru yang tak lama lagi akan dirilis di Tanah Air, yakni Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro.

MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia Taufiq Furqan dalam acara Galaxy Ecosystem Wearables Online Media Session, menyebut perangkat ini didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mendukung Adaptive Noise Control.

Dengan demikian, perangkat ini dapat memahami kondisi lingkungan di sekitar pengguna. Misalnya, ada suara yang mengganggu seperti pekerjaan konstruksi, maka fitur ini akan meredam polusi suara tersebut.

Selain itu, perangkat ini mampu mendeteksi jenis-jenis suara yang mungkin saja mengganggu di sekitar pengguna, termasuk mengenali suara sirene. Hal itu berfungsi agar pengalaman mendengar audio tetap optimal atau berkomunikasi terhadap lawan bicara tidak mengalami gangguan.

Acara Galaxy Ecosystem Wearables Online Media Session, Rabu, 17 Juli 2024. (Foto:Tangkapan Layar/Opsi)

Tidak hanya itu, teknologi AI tersebut mendukung fitur interpreter atau penerjemah bahasa asing secara langsung melalui perangkat.

Lebih lanjut, Taufiq menyebut bahwa tampilan Buds 3 Series ini diciptakan dengan mengutamakan kenyamanan pengguna.

"Di Buds 3 (Series), ada new design kita menciptakan yang paling nyaman digunakan dan fit dengan berbagai macam bentuk telinga pengguna," kata Taufiq saat sesi tanya jawab, Rabu, 17 Juli 2024.

Selain itu, ia juga menjelaskan terkait design yang digunakan Buds 3 Pro. Kendati sama-sama mengusung Comfort dan Fit Design dengan Buds 3, perangkat ini memiliki bantalan atau eartips yang membuatnya lebih kedap atau lebih masuk ke dalam telinga pengguna. 

Buds 3 Pro, lanjutnya, dilengkapi fitur Active Noise Cancellation (ANC) untuk meredam kebisingan dan driver ganda (woofer dan tweeter) untuk suara yang lebih jernih. Sementara, Buds 3 hanya memiliki driver tunggal.

Perbedaan lainnya, Buds 3 Pro mendukung enhanced 2-way speaker system untuk menghadirkan pengalaman suara yang lebih akurat dan dinamis. Varian Buds ini juga memiliki sensor untuk kontrol playback dan volume, sementara Buds 3 memakai gaya kontrol sentuh.

Untuk penggunaannya, perangkat ini mendukung ketahanan baterai selama 7 jam. Pun, mendukung codec audio berkualitas tinggi dan audio spasial 360 derajat. 

Untuk penggunaan secara lebih maksimal dengan kualitas Audio Hi-Res, maka disarankan pengguna menggunakan ponsel atau device Samsung sebagai ekosistem pendukungnya.

"Kedua earbuds ini punya ketahanan air dan debu dengan sertifikasi IP57. Kalau misalnya dibawa lari (olahraga) enggak masalah terkena keringat," ujar Taufiq.

Diketahui, Samsung membuka pre-order Galaxy Buds 3 Series dengan harga Buds 3 Rp 2.299.000 dan Buds 3 Pro Rp 3.299.000.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya