News Jum'at, 03 November 2023 | 20:11

Santri Rame-Rame Gabung PSI, Termasuk Putra Angkat Habib Luthfi bin Yahya

Lihat Foto Santri Rame-Rame Gabung PSI, Termasuk Putra Angkat Habib Luthfi bin Yahya Mohamad Taqi Al Jawad Alkaf atau Habib Jawad dan Kaesang Pangarep. (Foto: PSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi daya tarik bagi ratusan santri yang tergabung dalam Forum Komunikasi Santri Indonesia (FOKSI).

Mereka kemudian memutuskan untuk log in alias bergabung ke partai yang dipimpin Kaesang Pangarep tersebut.

Alasan bergabung ke PSI diutarakan Ketua Umum DPP FOKSI Muhammad Natsir Sahib. Dia  mengatakan ini merupakan panggilan sejarah.

“Ini adalah sebuah panggilan sejarah untuk melakukan perubahan, bukan hanya karena Mas Kaesang, tapi juga saya melihat konsistensi PSI melakukan yang sejalan dengan FOKSI menyuarakan perbedaan (kemajemukan), menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan melawan korupsi secara nyata,” kata Natsir pada Rabu, 1 November 2023.

Dia juga yakin bahwa PSI bisa melanjutkan perjuangan dan mengawal aspirasi santri.

“Dengan hadirnya Mas Kaesang, membuat saya yakin bahwa PSI adalah partai yang bertransformasi menjadi satu-satunya partai milenial dan bisa melanjutkan perjuangan-perjuangan para santri milenial itu sendiri,” katanya dilansir Jumat, 3 November 2023.

FOKSI kata Natsir, berkomitmen memenangkan PSI di Pemilu 2024, terutama di wilayah-wilayah yang menjadi basis santri.

Untuk itu, FOKSI menginisiasi gerakan Sarung PSI atau Santri Dukung PSI.

Kaesang Pangarep menyambut baik kepercayaan para santri ini. Kaesang berseloroh, PSI juga singkatan dari Partai Santri Indonesia.

“Pintu PSI selalu terbuka untuk semua kalangan, terlebih bagi para santri, PSI itu bukan saja Partai Solidaritas Indonesia, tapi juga Partai Santri Indonesia,” tandas Kaesang.

FOKSI adalah organisasi santri yang didirikan pada 2016. Terinspirasi dari sebuah sikap dan penganugerahan Hari Santri yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Anak Angkat

Anak angkat ulama kharismatik, Habib Luthfi bin Yahya, Mohamad Taqi Al Jawad Alkaf atau Habib Jawad, memutuskan log in alias bergabung ke PSI.

Habib Jawad bertutur alasan dirinya bergabung PSI. “Saya melihat semangat PSI, karena Indonesia yang sekarang ini memang dibutuhkan sosok yang bukan cuma muda dari segi usia saja, artinya jiwa muda itu melekat pada anak-anak muda yang sudah terbuka pikirannya,” ucap Habib, Rabu, 1 November 2023.

Habib Jawad mengaku tidak tertarik berpolitik sebelumnya. Namun usai bertukar pikiran dengan Ketum DPP PSI Kaesang dan rombongan di Pekalongan beberapa waktu lalu, ia menyadari betapa pentingnya peran anak muda di politik.

Di samping juga terinspirasi kader-kader muda PSI yang dipercaya menduduki posisi strategis di pemerintahan.

“Kader-kader PSI di umur 30 – 40’an tahun luar biasa sekali, dan terbukti dari salah satu kader terbaik PSI, Mas Raja Juli Antoni, menjadi motivasi bagi anak muda untuk meraih mimpi dan tidak lupa membawa Indonesia semakin maju seperti yang kita inginkan,” kata dia.

Ia pun menegaskan sudah mendapat restu dari Habib Luthfi untuk menjadi kader PSI.

“Alhamdulillah saya ada di sini tidak terlepas dari restu dan ridho guru saya tercinta, Habib Luthfi bin Yahya,” pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya