Daerah Kamis, 24 November 2022 | 17:11

SAR Maulaboh dan Calang Berhasil Evakuasi Penambang Emas

Lihat Foto SAR Maulaboh dan Calang Berhasil Evakuasi Penambang Emas Evakuasi korban tertimbun tanah longsor di Aceh Jaya. (Foto: Basarnas)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Jaya - Tim SAR Kabupaten Meulaboh, Aceh Barat dan SAR Kabupaten Aceh Jaya, mengevakuasi warga Desa Mon Mata Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya yang tertimpa longsor saat mencari emas secara tradisional dalam lubang Gunung Hujan atau Kem III Desa Panggong Kecamatan Krueng Sabee.

Koordinator Pos SAR Meulaboh, Liza Irwansyah mengatakan, mendapati informasi musibah ini pihaknya langsung ke lokasi kejadian dan benar adanya warga yang tertimbun longsor tanah bercampur batu di dalam lobang pada, Rabu, 23 November 2022.

"Tertimbun sejak pukul 01.00 WIB, pria itu bernama Irwan (35). Dalam evakuasi kita juga ikut dibantu aparat kepolisian setempat bersama dengan masyarakat," ujar Liza Irwansyah, Kamis, 24 November 2022.

Katanya, evakuasi warga tertimpa longsor tersebut berjalan sekitar 1 jam setengah setelah pihaknya sampai ke lokasi kejadian sekitar pukul 13.30 WIB dan setelah dilakukan asesmen korban berhasil di evakuasi.

"Membutuhkan waktu sekitar 1 jam setengah untuk proses evakuasi," sebutnya.

Dijelaskan, kondisi di lapangan dibutuhkan kehati-hatian saat melakukan evakuasi dikarenakan selain lobang yang sangat sempit juga kultur tanah yang mudah longsor.

"Lubangnya sangat kecil dan tanah yang mudah jatuh sehingga kita sangat hati-hati mengevakuasi korban yang kakinya tertimpa batu dan tanah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya