Hiburan Jum'at, 22 April 2022 | 02:04

Sarat Politik, Grup Band .Feast Luncurkan Mini Album Abdi Lara Insani

Lihat Foto Sarat Politik, Grup Band .Feast Luncurkan Mini Album Abdi Lara Insani Artwork mini album Abdi Lara Insani milik .Feast. (Foto: Opsi/Creathink)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Grup band .Feast resmi merilis mini album terbaru mereka yang diberi tajuk Abdi Lara Insani dalam format digital. EP berisi total 8 lagu itu dapat dinikmati di kanal daring mulai Jumat, 22 April 2022.

Delapan lagu dalam mini album Abdi Lara Insani berisi gambaran mengenai kisah Ali, sosok fiksi yang merupakan akronim dari judul karya teranyar milik .Feast itu sendiri.

Vokalis sekaligus penulis lirik seluruh lagu Abdi Lara Insani, Baskara Putra, mengatakan bahwa Abdi Lara Insani alias Ali adalah tokoh fiksi yang dibuat bersamaan dengan album, atau tepatnya, album tersebut dibuat untuk menceritakan kisah Abdi Lara Insani.

"Singkatnya mungkin Ia adalah penggambaran kekecewaan masyarakat secara kolektif terhadap figur-figur `pengubah bangsa` yang datang silih berganti tiap beberapa waktu sekali," kata Baskara Putra, dikutip Opsi pada Jumat, 22 April 2022.

"Namun pada akhirnya selalu mengecewakan, dan terkadang parahnya terbukti lebih buruk dibandingkan pemimpin-pemimpin terdahulu," tutur dia.

Grup band .Feast. (Foto: Opsi/SunEater)

Inspirasi lagu-lagu di mini album Abdi Lara Insani sendiri, kata Baskara, selain dari banyak tokoh-tokoh dan cerita-cerita sosial politik yang diketahui banyak orang, besarnya meminjam figur `Bento` yang diceritakan oleh Iwan (Fals) dalam lagu yang berjudul sama.

"Saat itu saya berandai-andai, gimana jadinya kalau Bento ini dulunya sebenernya orang baik, dimajukan oleh rakyat dan disayang oleh rakyat, sebelum akhirnya menjadi figur seperti yang diceritakan lagu?" kata dia.

"Saya rasa pengkisahan Ali (panggilan Abdi Lara Insani ini) akan terasa seperti mengaburkan garis antara fiksi dan kenyataan, saking seringnya kita semua mendengar dan melihat kisah-kisah tersebut di publik, yang tak jarang juga bersinggungan dengan hajatan hidup kita semua sehari-hari," tutur Baskara.

Proses produksi mini album Abdi Lara Insani melibatkan nama Vincent Rompies yang muncul sebagai tokoh ayah Ali dalam track pembuka berjudul Berhenti di Kotak Suara.

Baca juga: Kisahkan Sosok Ali, Grup Band .Feast Luncurkan Single Gugatan Rakyat Semesta

Baca juga: Pemerintah Sambut Baik Kembalinya Festival Musik Internasional di Indonesia

Lagu-lagu lain dalam mini album ini terdiri dari Bintang Massa Aksi, Camkan, Kuping Ini Makin Lalai, Gugatan Rakyat Semesta, Jaya, Ali, dan Senin Toko Tutup. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya