News Selasa, 21 Desember 2021 | 21:12

Satgas Covid-19: Indonesia Berhasil Pertahankan Kasus Turun Meski Ada Omicron

Lihat Foto Satgas Covid-19: Indonesia Berhasil Pertahankan Kasus Turun Meski Ada Omicron Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB.)

Jakarta - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Indonesia berhasil mempertahankan jumlah kasus positif Covid-19 tetap turun meskipun Omicron telah terdeteksi di dalam negeri.

“Saat ini, kasus positif di Indonesia masih konsisten mengalami penurunan dan sudah bertahan selama 22 pekan,” kata Wiku dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 21 Desember 2021.

Wiku menuturkan, Indonesia berhasil secara konsisten menjaga jumlah penurunan kasus positif Covid-19 selama 22 pekan berturut-turut. Hal yang sama, juga terjadi pada kasus kematian, di mana Indonesia berhasil mempertahankan kasus kematian tetap menurun selama 20 pekan terakhir.

Meskipun jumlah kasus positif dan kasus kematian akibat Covid-19 terus mengalami penurunan jumlah yang signifikan, Wiku menyebutkan bila dilihat dari angka reproduktif efektif (Rt) yang menggambarkan potensi penularan di masyarakat, angka Rt konsisten mengalami peningkatan sejak titik terendah sejak bulan September 2021 lalu.

“Kenaikan yang terjadi masih cenderung terkendali karena RT masih di bawah 1. Namun, diperlukan usaha sejak dini untuk mencegah terjadinya lonjakan penularan di kemudian hari apalagi mengingat adanya varian Omicron serta peluang penularan pada periode Natal dan tahun baru,” kata Wiku. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya