News Selasa, 21 Juni 2022 | 19:06

Satgas Ingatkan Kenaikan Kasus Covid-19 Merupakan Alarm yang Perlu Diwaspadai

Lihat Foto Satgas Ingatkan Kenaikan Kasus Covid-19 Merupakan Alarm yang Perlu Diwaspadai Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB.)

Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir merupakan alarm yang perlu diwaspadai oleh semua pihak.

"Terus perketat kedisiplinan protokol kesehatan. Pada saat ini sangat penting melindungi diri sendiri dan orang lain," katanya saat konferensi pers virtual terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia, Selasa, 21 Juni 2022.

Dia menjelaskan, kasus positif mingguan telah mengalami kenaikan selama enam hari berturut-turut hingga mencapai 3.899 kasus.

"Kendati jumlah ini terbilang tidak tinggi dibandingkan jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan namun dengan jumlah kasus yang selama dua bulan terakhir ini terus dipertahankan di bawah angka 1.000 maka ini menjadi alarm yang perlu diwaspadai," ujarnya.

Menurutnya, kasus mingguan terjadi kenaikan sebesar 105 persen dari sebelumnya 3.688 pada minggu lalu menjadi 7.587 pada minggu ini.

"Hal ini juga berpengaruh pada kasus aktif yang ikut meningkat dari 4.734 menjadi 8.594 pada minggu ini," tuturnya.

Seyogyanya, katanya, bila kasus positif dan kasus aktif mengalami kenaikan, maka kasus kematian harus ditekan dan persentase kesembuhan harus ditingkatkan.

"Namun di minggu terakhir ini terjadi kenaikan kematian mingguan dari 28 pada minggu sebelumnya menjadi 44, sehingga perlu segera digencarkan upaya mitigasi agar angka kematian tidak meningkat. Sebaliknya angka kesembuhan harus terus ditingkatkan," kata Wiku.

Dia berpandangan, pemeriksaan merupakan indikator penting dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

"Testing yang tinggi akan meningkatkan keakuratan jumlah kasus positif di tengah masyarakat. Selain itu juga akan dengan cepat menjaring kasus agar cepat ditangani dengan baik sesuai gejala," katanya.

Satgas Penanganan Covid-19 juga mengingatkan ada beberapa hal yang perlu digencarkan guna mencegah kenaikan kasus Covid-19.

"Pertama deteksi kasus, dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menuju lokasi testing jika bergejala atau telah melakukan kontak erat. Pemda perlu memastikan tempat testing ada dan mudah dijangkau," ucap Wiku.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya