Daerah Minggu, 23 Januari 2022 | 11:01

Satu Warga Sulsel Terkonfirmasi Positif Terpapar Omicron

Lihat Foto Satu Warga Sulsel Terkonfirmasi Positif Terpapar Omicron Covid varian baru, Omicron. (Foto: Opsi/Pixabay)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Satgas Covid-19 Sulawesi Selatan (Sulsel) melaporkan kasus varian Omicron pertama terdeteksi di Sulsel.

Warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus Covid-19 varian Omicron berasal dari Kabupaten Takalar bernama Nawir 27 tahun.

"Ini kasus pertama yang memang ada hasilnya dari Litbangkes," kata Plt Kadinkes Sulsel Arman Bausat, Sabtu 22 Januari 2022.

Kata Arman, pria asal Takalar tersebut terpapar saat bekerja di perusahaan telur ikan di Dobo, Kepulauan Aru, Maluku. Pasien tersebut baru saja pulang ke Takalar pada 5 Oktober 2021.

Pada November 2021, Nawir dilaporkan berobat ke Puskesmas Bontomarannu, Kabupaten Takalar, atas keluhan dyspepsia. Saat itu Nawir hanya berobat jalan.

Hingga pada awal Desember 2021, Nawir tak kunjung pulih, bahkan mengeluhkan lemas dan sesak napas.

Karena kondisinya memburuk, Nawir dirawat inap di RSUD Padjonga Dg Ngalle melalui IGD dengan keluhan sesak napas dan batuk.

"Diagnosis awal, pasien menderita dyspneu TB paru on treatment hingga diisolasi," kata Arman.

Memasuki Januari 2022, petugas melakukan tes swab kepada Nawir hingga dinyatakan positif Covid-19. Dinkes Sulsel mendalami kasus Nawir dengan mengirimkan sampel ke Litbangkes Jakarta.

"Hasilnya dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron," ungkap Arman.

Kini, Nawir diisolasi Satgas Covid-19 di RSUD Takalar. Petugas juga mendalami kemungkinan kerabat dan tetangga pasien ikut tertular varian Omicron. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya