News Senin, 21 Maret 2022 | 11:03

Saudi Buka Pintu Haji, Menag Yaqut Singgung Kuota Jemaah RI

Lihat Foto Saudi Buka Pintu Haji, Menag Yaqut Singgung Kuota Jemaah RI Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (foto: ist).

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Kerajaan Saudi Arabia (KSA) akan membuka pelaksanaan ibadah haji bagi jemaah luar negeri, termasuk Indonesia pada penyelenggaraan haji 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima Opsi di Jakarta, Senin, 21 Maret 2022.

Baca juga2.784 Warga Abdya Masuk Daftar Tunggu Keberangkatan Haji

Kabar itu disampaikan Menag Yaqut saat menggelar pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Jeddah, Arab Saudi, Minggu, 20 Maret 2022.

Dalam pertemuan itu, Menag juga menyinggung masalah kuota haji. Ia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jemaah di dalam negeri yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci Mekkah.

Baca jugaSebanyak 35 Ribu Calon Jemaah Haji Sulbar Tunggu Jadwal Pemberangkatan

Ia menegaskan bahwa Indonesia sudah siap untuk memberangkatkan calon jemaah haji dan yang paling penting Saudi memberikan kepastian soal kuota.

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi. Namun, saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," kata Menag Yaqut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya