Daerah Senin, 13 Maret 2023 | 10:03

Sebanyak 21 Imigran Rohingya Mendarat di Abdya

Lihat Foto Sebanyak 21 Imigran Rohingya Mendarat di Abdya bupati Abdya bersama Kapolres saat melihat langsung imigran Rohingya di Tangan-tangan. (Foto: /Syamsurizal_.
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Blangpidie - Sebanyak 21 orang Imigran Rohingya mendarat di Desa Padang Kawa, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Senin pagi, 13 Maret 2023.

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha membenarkan, ada warga Rohingya yang mendarat di Padang Kawa, Kecamatan Tangan-tangan.

"Benar ada imigran yang masuk ke Abdya dan sekarang sedang proses koordinasi dengan Imigrasi Meulaboh," kata AKBP Dhani.

Menurutnya, untuk pengamanan awal 21 warga Rohingya ini akan titipkan di bekas Pukesmas Blangpidie. Mereka diantaranya, sembilan perempuan dan selebihnya laki-laki.

"Sekarang lagi koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya untuk tempat pengamanan sementara," sebut Kapolres.

Pantauan sementara, imigran ini berada di rumah Tuha Peut Desa Padang Kawa, Kecamatan Tangan-tangan.

Sejumlah unsur sudah hadir untuk melihat dan bertemu langsung dengan imigran ini termasuk Penjabat (Pj) Bupati Abdya, Darmansah, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, Wakapolres Kompol Asyari Hendri, Kepal Dinas Sosial Abdya Yusan Sulaili, Kepala Kesbangpol Abdya Salman.

Dari laporan awal yang di konfirmasi ke salah satu rombongan Rohingya mengaku, perahu yang mereka pakai tengelam di bibir pantai hingga mereka harus berenang menyelamatkan diri.

Namun saat di tanya kembali jawabannya malah berubah mereka sepertinya ada yang antar.

Sementara itu, Keuchik Gampong Padang Kawa, Tarmizi mengaku, dirinya tidak mengetahui kapan pengungsi Rohingya itu mendarat di Padang Kawa. Namun, tiba-tiba sudah mendarat.

"Saat ini mereka masih di rumah tuha peut, dan kejadian itu sudah saya laporkan ke pihak kecamatan," kata Tarmizi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya