Daerah Senin, 01 Agustus 2022 | 21:08

Sebanyak 411 Ternak di Aceh Sembuh Dari PMK

Lihat Foto Sebanyak 411 Ternak di Aceh Sembuh Dari PMK Sapi terinveksi Penyakit Mulut dan Kuku. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Satuan Tugas (Satgas) Bantuan Operasi Aman Nusa II merilis angka kesembuhan ternak warga dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Aceh. Data Satgas, sebanyak 411 ekor ternak dinyatakan sembuh.

"Sejauh ini sudah ada 411 ekor sembuh dalam tiga hari terakhir," kata Kepala Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II Kombes Pol Winardy, Senin, 1 Agustus 2022.

Kata dia, dengan bertambahnya angka itu, maka jumlah keseluruhan hewan ternak di Provinsi Aceh yang sembuh sudah lebih dari 34 ribu ekor. Meski demikian, upaya-upaya penanganan terus dilakukan.

"Selain penanganan terhadap hewan ternak yang terinfeksi, juga pencegahan penularan dan penyebaran dengan cara menyekat mobilisasi hewan ternak di perbatasan Provinsi Aceh dengan Provinsi Sumatera Utara," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan komunitas membagikan cairan eco enzyme kepada peternak guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit ini.

"Upaya penyembuhan juga dilakukan dengan memberi obat-obatan termasuk menyemprotkan disinfektan pafa kandang. Upaya ini memberi hasil positif," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya