Daerah Jum'at, 28 Juli 2023 | 19:07

Sejak Menjabat Rektor USI, Ini Gebrakan Sarintan Efratani Damanik

Lihat Foto Sejak Menjabat Rektor USI, Ini Gebrakan Sarintan Efratani Damanik Rektor Universitas Simalungun (USI) Dr Sarintan Efratani Damanik MSi. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Siantar - Universitas Simalungun (USI) akan mewisuda 570 mahasiswa pada Senin, 31 Juli 2023 di Auditorium Radjamin Purba, Pematang Siantar dan akan dihadiri oleh Kepala LLDIKTI I Prof. Dr. Syaiful Anwar.

Wisuda ini merupakan rangkaian dari sejumlah pencapaian Rektor USI sejak dijabat Dr Sarintan Efratani Damanik MSi dalam enam bulan terakhir.

Sarintan kepada media menyebut diantaranya, Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) sebanyak 35 orang yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia mengikuti perkuliahan di Universitas Simalungun.

Program Profesi Guru (PPG) yang nantinya seluruh guru wajib mengikuti PPG. USI kata dia, telah dipercaya Kemeneristekdikti sebagai pelaksana pada program Prajabatan (Prajab) dan Dalam Jabatan (Daljab).

Pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024, Universitas Simalungun ujar Sarintan, juga menerapkan Sistem Akademik (SIAKAD). 

"Di mana seluruh kegiatan akademis dapat diakses dan orang tua dapat memantau proses perkuliahan," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Juli 2023.

Salah satu yang paling menggembirakan adalah bahwa Fakultas Hukum telah membuka program Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

"Masyarakat luas yang ingin profesinya sebagai Advokat sudah dapat menempuh pendidikan di Fakultas Hukum USI," terangnya.

Disebutkan pula dalam waktu satu semester ini, Akreditasi Prodi telah selesai dilaksanakan sebanyak lima prodi.

Ada tiga prodi meraih akreditasi Baik Sekali, sedangkan yang dua lagi saat ini masih dalam proses penilaian dari LAMTEK dan LAMDIK.

BACA JUGA: Penerimaan Siswa SMA 4 Siantar Disoal, Kepsek Bantah Bisa Intervensi Kelulusan

Pihaknya kata Sarintan, kini mengajukan tujuh orang calon Guru Besar (Profesor), dan sebanyak empat orang Doktor ke Lektor Kepala.

Menyinggung masalah hukum tentang gugatan terhadap Yayasan USI, ditegaskannya, telah diputuskan oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) dimana gugatan tersebut dimenangkan oleh Yayasan USI.

Sebagaimana diketahui, Pengurus Yayasan USI melantik Dr Sarintan Efratani Damanik sebagai Rektor USI Periode 2022-2026 pada Sabtu, 10 Desember 2022 lalu.

Pelantikan berlangsung di Aula Pascasarjana USI Kota Pematang Siantar. Dr Sarintan Damanik menggantikan Dr Corry Purba yang masa periodenya sudah habis.

Dalam pelantikan itu, Ketua Pengurus Yayasan USI Jon Rawinson Saragih turut mengambil sumpah jabatan setelah membaca surat keputusan pengangkatan jabatan rektor baru.

Usai dilantik, Sarintan berjanji akan meneruskan tupoksi universitas. Seperti, penelitian, pendidikan, pengajaran, dan mengadopsi MBKM.

“Dari sisi sumber daya manusia (SDM), sebenarnya di USI sudah banyak dosen-dosen yang Lektor Kepala, Doktor. Ini akan kami bantu dan fasilitas untuk mendapatkan gelar profesor,” kata Sarintan.

Sarintan menyebut, pihaknya akan menyesuaikan program-program yang salah satunya adalah SDM.

“Untuk dosen pemula, kami akan bantu untuk meraih NIDN dan juga jabatan fungsionalnya. Jabatan fungsional merupakan suatu standar bagi akreditasi perguruan tinggi, fokus ke SDM dan akademisinya,” katanya saat itu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya