News Selasa, 26 April 2022 | 16:04

Sejumlah Petugas Evakuasi Pegawai Terjebak Lift dan Ibu Hamil di Graha BNPB

Lihat Foto Sejumlah Petugas Evakuasi Pegawai Terjebak Lift dan Ibu Hamil di Graha BNPB Petugas BNPB evakuasi warga dari Graha BNPB, Selasa, 26 April 2022. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Tindakan evakuasi dilakukan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta Timur, berikut terjadinya gempa bumi. 

Sejumlah petugas tampak mengevakuasi pegawai yang terjebak di lift, ibu hamil dengan menggunakan sliding jar, evakuasi pegawai yang mengalami cedera, serta memfasilitasi pegawai berkebutuhan khusus, dan tamu yang tuna netra.

Ketua Tim After Action Review (AAR) Bagus Tjahjono memimpin proses evakuasi pada Selasa, 26 April 2022 dimulai pukul 10.00 WIB.

“Secara umum dapat saya sampaikan kegiatan simulasi kesiapsiagaan bencana gempa di gedung Graha BNPB telah berlangsung dengan lancar, aman dan sukses," kata Bagas dalam laporan kepada Kepala BNPB Suharyanto melalui sambungan digital zoom.

Dia menyebut, hasil observasi menunjukkan bahwa penyusunan dokumen latihan, baik skenario, dan rencana operasi latihan telah dilakukan dan menjadi panduan pelaksanaan simulasi bencana gempa di Graha BNPB.

BNPB menginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), secara serius menggelar serangkaian kegiatan dengan mengusung tema “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana”. 

Selain menggelar puncak peringatan HKB di wilayah Gunung Merapi di Jawa Tengah dan DIY, BNPB juga menggelar kegiatan simulasi evakuasi di Graha BNPB.

Simulasi evakuasi yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB ini menggunakan skenario kejadian gempa yang bersumber di Sesar Cimandiri. 

Baca juga:

Puncak HKB 2022 di Kawasan Gunung Merapi, Suharyanto Ungkap Sisi Keunikan Warganya

Bagus juga menekankan dalam rekomendasi pasca evaluasi simulasi di Graha BNPB untuk secara rutin melakukan simulasi.

“Sosialisasi dan edukasi terkait proses evakuasi di Graha BNPB perlu rutin dilakukan minimal dua kali setahun mengingat ada rotasi pegawai yang ditunjuk sebagai manajer lantai. Semakin sering melakukan simulasi maka semakin baik,” ucap Bagus.

Bagus merekomendasikan untuk melakukan pengecekan ketersediaan dan kondisi alat-alat evakuasi secara rutin. 

Manajer lantai sebagai orang yang memiliki peran penting dalam evakuasi setiap lantainya juga perlu dibekali pelatihan saat terjadi bencana, praktik evakuasi serta cara-cara penyelamatan dalam keadaan darurat. 

Sementara itu bagi pegawai BNPB diharapkan memahami SOP evakuasi, rambu dan jalur evakuasi serta fungsi berbagai peralatan keamanan gedung saat kondisi darurat.

Peringatan HKB 2022 di Graha BNPB secara khusus dilaksanakan selama dua hari, yakni dimulai sejak Senin, 25 April dengan melaksanakan sesi pembekalan materi terkait kesiapsiagaan bencana gempa serta peran dari manajer lantai.

Setelah academic session dilakukan latihan simulasi menggunakan metode tabletop exercise (gladi meja) dan tactical floor game (TFG). 

TTX dan TFG dilakukan sebelum simulasi agar semua personel memahami tugas dan fungsinya saat latihan. 

Sementara hari kedua dilakukan dilakukan simulasi kesiapsiagaan bencana gempa yang diikuti oleh seluruh pegawai BNPB dan tamu yang berada di lingkungan gedung Graha BNPB.[]




Berita Terkait

Berita terbaru lainnya