Daerah Jum'at, 11 Maret 2022 | 16:03

Sekda Aceh Minta Kades Segera Cairkan Dana Desa Tahap 1

Lihat Foto Sekda Aceh Minta Kades Segera Cairkan Dana Desa Tahap 1 Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh, Taqwallah. (foto: ist).

Aceh Barat Daya - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh, Taqwallah meminta Kepala Desa (Kades) seluruh Aceh yang belum mencairkan Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2022 untuk segera mencairkan.

Selain itu, dia juga meminta untuk segera menyelesaikan penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG). Hal ini dimaksudnya agar dana transfer dari pusat dapat segera dicairkan ke kas desa.

"Kepala DPMG dan camat di Kab/kota untuk mendampingi Kades menyelesaikan semua tahapan pencairan," ujar Sekda, dalam rapat evaluasi penyaluran DD tahap l tahun 2022, JKA dan penanganan Covid-19, di Kantor Gubernur Aceh, Kamis, 10 Maret 2022.

Rapat ini diikuti secara virtual oleh Sekda dan Kepala DPMG Kab/Kota, Kepala rumah sakit umum daerah, para Camat, Kades, pendamping desa dan kepala puskesmas seluruh Aceh.

Sekda berujar, hingga Kamis, 10 Maret 2022 data yang diperolehnya ada empat kab/kota yang belum mencairkan dana desa tahap 1.

"Keempat daerah itu adalah Kota Sabang, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kabupaten Singkil dan Kabupaten Simeulue," kata Sekda.

Untuk deerah lain, lanjutnya, statusnya berbeda-beda, ada beberapa kecamatan bahkan sudah 100 persen desanya mendapat dana desa tahap 1. Di sisi bersamaan, ada juga beberapa daerah yang saat ini terus memacu agar semua desa dapat segera mencairkan dana desa.

"Kepala DPMG dan camat di kab/kota agar mendampingi Kades menyelesaikan segera penetapan APBG. Usai ditetapkan, DPMG akan melakukan verifikasi secepat mungkin dan kemudian mengajukan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) supaya dicairkan," katanya.

"Nah, bagi desa yang telah menerima dana desa tahap satu dan sudah menggunakannya, tolong segera ajukan pencairan tahap dua," ucapnya menambahkan.

Katanya, dana desa menjadi stimulus untuk pembangunan daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena itulah sangat disayangkan bila dana itu telat diterima dan dirasakan masyarakat

"Maka dari itu segera dipercepat pencairannya. Kadis dan camat agar bisa mendampingi," ucapnya memungkasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya