Daerah Selasa, 19 Juli 2022 | 18:07

Sekda Kota Cirebon Minta Mahasiswa KKN Dapat Kembalikan Tradisi Mengaji dan Makmurkan Masjid

Lihat Foto Sekda Kota Cirebon Minta Mahasiswa KKN Dapat Kembalikan Tradisi Mengaji dan Makmurkan Masjid Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi saat menghadiri pelepasan peserta KKN GM tahun 2022 di IAIN Syekh Nurjati, Cirebon. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon meminta mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata dapat mengembalikan tradisi baik yaitu mengaji, memakmurkan masjid dan langgar dengan kegiatan keagamaan.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi saat menghadiri pelepasan peserta Kuliah Kerja Nyata Gerakan Masyarakat Mengaji (KKN GM) tahun 2022 di IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, Selasa 19 Juli 2022.

“Budaya mengaji merupakan tradisi baik yang telah tertanam di masyarakat sejak dulu,” kata Agus.

Hanya saja seiring perkembangan zaman, tradisi baik tersebut perlahan mulai tergerus. Untuk itu, kedatangan Agus yang hadir mewakili Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis berharap, melalui KKN yang digelar tahun ini mahasiswa dapat menghidupkan dan mengembalikan tradisi baik tersebut.

“Saya juga berharap rekan-rekan mahasiswa dapat mengajak masyarakat untuk kembali memakmurkan musala, langgar dan masjid dengan aktivitas mengaji,” tutur Agus.

Baca juga:

Ancaman Krisis, Menkeu: Saya Berharap Indonesia Dapat Menavigasi Tantangan Ekonomi

Mulai Saat Ini Masyarakat Dilarang Parkir di Kota Tua Jakarta

Hanya saja, lanjut Agus, pandemi Covid-19 saat ini masih terjadi. Untuk itu, mahasiswa diminta dapat memformulasikan beragam metode dengan penggunaan beragam media untuk melakukan sosialisasi dan internalisasi ajaran Islam ke seluruh lapisan masyarakat saat melakukan KKN.

Agus juga yakin kegiatan KKN GM yang digelar tahun ini dapat menuai hasil yang baik. “Niat yang baik ditambah dukungan dari komponen pemerintah dan masyarakat, saya yakin hasil yang baik dapat dituai,” katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Ahmad Yani menjelaskan hari ini merupakan pelepasan KKN GM 2022 angkatan kedua.

“Angkatan pertama dulu fokus pada gerakan masyarakat magrib mengaji,” kata Yani.

Selanjutnya tahun ini sebanyak 330 peserta yang mengikuti KKN GM akan fokus mengajak masyarakat dan anak-anak di Kota Cirebon untuk mengaji dan melakukan beragam kegiatan keagamaan di masjid.

Hal ini sesuai dengan tema KKN tahun ini yaitu dari tradisi mengaji menuju masyarakat madani untuk mewujudkan visi Cirebon Kota Sehati.

Mahasiswa disebar di 22 kelurahan di Kota Cirebon yang didampingi oleh 22 dosen pembimbing lapangan. “KKN GM dilakukan selama 40 hari terhitung mulai hari ini di seluruh kelurahan di Kota Cirebon,” kata Yani. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya