Daerah Minggu, 01 Oktober 2023 | 13:10

Sekda Siantar Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Lihat Foto Sekda Siantar Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Pemerintah Kota Siantar saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di halaman kantor wali kota, Jalan Merdeka, Minggu, 1 Oktober 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di halaman kantor wali kota, Jalan Merdeka, Minggu, 1 Oktober 2023.

Upacara dipimpin Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani, diwakili Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Junaedi Antonius Sitanggang.

Upacara yang diikuti para pegawai Pemko Siantar serta pimpinan perusahaan daerah untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.

Dalam rangkaian upacara, dibacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana dilansir Kemendikbudristek.

Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju" dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai fondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya.

Plh Sekda Siantar, Junaedi Antonius Sitanggang usai upacara mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk mengenang para pahlawan revolusi yang telah gugur dalam peristiwa G30S/ PKI.

"Tentunya makna yang kita ambil dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bahwa kita memiliki pedoman, pandangan dasar, falsafah negara, Pancasila sebagai benteng kekuatan kita yang terkandung di dalam lima sila Pancasila tersebut," kata Junaedi.

Lima kekuatan yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila itu, diharapkan dapat terus memperkukuh kebersamaan dan kekompakan sehingga negara Indonesia semakin kuat dan semakin maju di masa akan datang untuk bersaing dengan negara lain.

Ia berharap melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara, dan mengamalkan Pancasila.

Lebih lanjut, dia juga berpesan kepada generasi muda agar terus mempertahankan nilai-nilai Pancasila dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.

"Bersama kita mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," ucap Junaidi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya