News Senin, 07 Agustus 2023 | 18:08

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Terbuka Silaturahmi dengan PSI

Lihat Foto Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Terbuka Silaturahmi dengan PSI Ketum PSI Giring Ganesha. (Foto: PSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membuka silaturahim politik dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Hal itu menyusul niat pengurus PSI yang bermaksud membangun komunikasi dengan PDIP. 

Hanya saja, Hasto menegaskan, masing-masing parpol punya kedaulatan tersendiri dalam memberikan dukungan pada Pilpres 2024.

"Kami tidak mencampuri kedaulatan partai lain dalam mengambil keputusan politik. Dengan berbagai pertemuan-pertemuan antar partai politik itu menunjukkan bahwa tradisi silaturahmi itu seumur hidup," ujar Hasto dilansir dari republika, Senin, 7 Agustus 2023.

Sikap serupa juga ditunjukkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, yang memberikan ruang terbuka bagi PSI, termasuk jika ingin mendukung Capres Ganjar Pranowo.

"Apa yang disampaikan tadi bahwa sepertinya PDI Perjuangan tidak membuka pintu, kemudian PDI Perjuangan tidak mau melakukan komunikasi, kan bisa dilihat bahwa saya selalu membuka pintu," ujar Puan, Jumat, 4 Agustus 2023 lalu.

Di sisi lain, pihaknya juga menilai positif komunikasi PSI dengan Prabowo Subianto dan pengurus Partai Gerindra.

Puan menegaskan bersedia hadir jika diundang ke markas PSI.

"Saya kan nggak bisa juga ujug-ujug datang, tapi kemudian nggak ada prolog yang ingin disampaikan bahwa menginginkan pertemuan atau menginginkan kehadiran. Pertemuan itu hanya bisa terjadi kalau kedua belah pihak itu sama-sama menginginkan adanya pertemuan," ujarnya.

Puan enggan berkomentar lebih jauh terkait sikap PSI yang tetap tegak lurus pada Jokowi, meski baru saja melakukan komunikasi politik dengan Prabowo. 

BACA JUGA: Ketua PSI Giring Ganesha: Bila Diizinkan, Kami akan Datang ke PDIP

"Yang bisa saya pahami atau saya artikan, Pak Jokowi itu adalah presiden yang dua kali diusung dan didukung oleh PDI Perjuangan," ujarnya.

Itu juga menegaskan bahwa harapan hubungan antara Presiden Jokowi dan PDI Perjuangan itu akan selalu bisa berjalan dengan baik. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengaku pihaknya sejak awal selalu membuka diri untuk berkomunikasi dengan semua parpol termasuk ke PDIP.

"Dari dulu kami sangat ingin bersilaturahmi dengan semua partai. Apa pun, bila diizinkan, kami akan datang ke kantor DPP PDIP," kata Giring, Sabtu, 4 Agustus 2023.

PSI kata Giring, ingin banyak belajar dan menimba pengalaman dari PDIP. Pihaknya sejak lama telah menaruh hormat kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Mbak Puan saya rasa selama ini memang yang banyak melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak. PSI sangat menghormati Mbak Puan Maharani. InsyaAllah kami yang akan datang ke PDIP," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya