Daerah Jum'at, 17 Desember 2021 | 15:12

Selama Nataru, SAR Medan Siagakan Personel dan Alut

Lihat Foto Selama Nataru, SAR Medan Siagakan Personel dan Alut Kantor SAR Medan menyiagakan personel dan alut selama Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2022. (Foto: Opsi/SAR Medan)
Editor: Andi Nasution

Medan - Kantor SAR Medan akan menyiagakan personel dan alut guna mendukung kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2022.

Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono mengatakan, pelaksanaan Siaga SAR Khusus digelar selama 19 hari dimulai 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 guna terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response SAR).

"Pada Siaga SAR Khusus ini, kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas. Namun tidak hanya itu, Kantor SAR Medan juga siap bilamana adanya potensi terjadinya kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian khusus dari Basarnas," kata Toto usai memimpin apel kesiapsiagaan di kantor SAR Medan, Jumat, 17 Desember 2021.

Untuk mendukung Siaga SAR Khusus ini, kata Toto, pihaknya telah menyiapkan alut SAR yang bisa digunakan seperti pada alut air dengan menyiapkan 4 kapal yaitu Kapal KN SAR Sanjaya di Tanjung Balai, RB 203 di Belawan, RB 301 di Tanjung Balai dan KN SAR 412 di Parapat Danau Toba.

"Selain itu juga telah disiapkan alut darat yg digunakan untuk mobilitas personel yang akan melaksanakan patroli nantinya," katanya.

Dia menambahkan, pelayanan SAR yang dilaksanakan pada momen Siaga SAR Khusus tidak lepas dari orientasi pada pelayanan yang bersikap sopan dan santun, baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun berhubungan langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan misi penyelamatan di lapangan dan selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan diri sendiri. ()

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya