News Rabu, 29 Desember 2021 | 13:12

Selaraskan Upaya Penyelesaian Masalah di Papua, Jenderal Andika Bertemu Pemuka Agama

Lihat Foto Selaraskan Upaya Penyelesaian Masalah di Papua, Jenderal Andika Bertemu Pemuka Agama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan para pemuka agama di wilayah Papua dan akademisi Universitas Cenderawasih di Markas Kodam XVII/Cenderawasih.(Foto:Opsi-Fernandho/Tangkapan layar YouTube)

Jakarta - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan para pemuka agama di wilayah Papua dan akademisi Universitas Cenderawasih di Markas Kodam XVII/Cenderawasih.

Pertemuan ini dilakukan untuk membahas upaya-upaya perdamaian di Bumi Cenderawasih.

"Saya punya keinginan damai dan itu harus karena kita ini manusia," kata Panglima TNI saat menerima kunjungan pemuka agama wilayah Papua seperti dikutip kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Rabu, 29 Desember 2021.

Sebagai Panglima TNI, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini mengaku sudah melakukan sejumlah perubahan di internal TNI dalam menjalankan tugas di Bumi Cenderawasih.

Setelah menerima masukan-masukan dari para pemuka agama termasuk akademisi Universitas Cenderawasih, Jenderal Andika akan terus berupaya membuka komunikasi dengan pejabat dan petinggi negara untuk membicarakan persoalan Papua.

"Pertemuan dengan pemuka agama di wilayah Papua memberikan informasi baru bagi TNI untuk menyelaraskan upaya kami dalam menyelesaikan permasalahan di Papua," ucap Jenderal Andika Perkasa.

Merespons itu, Guru Besar Hukum Universitas Cenderawasih, Prof Melkhias Hetharia mengatakan persoalan pelanggaran hak asasi manusia di Papua harus segera dituntaskan agar tidak menghambat pembangunan di wilayah tersebut.

"Pelanggaran hak asasi manusia tersebut membuat kristalisasi terhadap ideologi Papua Merdeka," ujar Melkhias.

Senada dengan itu, Rektor Universitas Cenderawasih, Apolo Safano mengatakan pihaknya dan para pemuka agama akan membantu dan memberikan solusi untuk penyelesaian konflik di Papua.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya