Daerah Kamis, 17 Agustus 2023 | 21:08

Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Siantar Selatan, Bersama Sukseskan "Selaras"

Lihat Foto Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Siantar Selatan, Bersama Sukseskan "Selaras" Kecamatan Siantar Selatan menyemarakkan perayaan HUT ke-78 RI di Lapangan TK Peniel YP HKBP, Kota Pematang Siantar, Kamis, 17 Agustus 2023. (Foto:Opsi/Fernandho Pasaribu)

Siantar/adv - Pemerintah Kecamatan Siantar Selatan menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan TK Peniel YP HKBP, Jalan Bahagia, Kota Pematang Siantar, Kamis, 17 Agustus 2023.

Perayaan dilakukan dengan mempertandingkan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), warga, pegawai kelurahan, dan petugas kebersihan antar kelurahan yang ada di Kecamatan Siantar Selatan.

Peserta yang ikut bertanding, terdiri dari Kelurahan Aek Nauli, Kelurahan Kristen, Kelurahan Simalungun, Kelurahan Martimbang, Kelurahan Toba, dan Kelurahan Karo.

Dalam sambutannya, Camat Siantar Selatan, Pedi Arianto Sitopu meminta masyarakat bersuka ria dan membangun kebersamaan melalui gelaran lomba tersebut.

"Di usia Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun ini kami mengharapkan supaya bapak-ibu bisa menikmati kemerdekaan ini dengan hati yang senang," kata Peti Arianto.

Pada kesempatan itu, ia juga mengungkapkan dirinya baru saja diberi tugas oleh Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA untuk menjadi camat di Siantar Selatan.

"Kami bertugas di Kecamatan Siantar Selatan ini lebih kurang 2 minggu. Kami mendapat tugas 2 Agustus 2023. Saya dipercayakan oleh Ibu Wali Kota Susanti Dewayani menggantikan Abanganda Jufiter Sitepu," ujarnya.

Selain itu, Pedi meminta kepada warga untuk bersama-sama mensukseskan moto kecamatan itu, yakni Selaras (Siantar Selatan Bersama Rakyat).

"Dan itu bukan hanya sekadar moto. Kita buktikan ke depan. Kita berkomitmen untuk itu. Karena itu pesan dari ibu wali supaya kita harus membantu rakyat, kita harus bersama rakyat. Kita tekankan bahwa itu prinsip kami," tuturnya.

"Jika bapak ibu datang ke kantor kami, kami mengusahakan agar bapak ibu datang dengan senyuman dan pulang dengan senyuman. Itu harapan kami. Kami tidak ada apa-apanya jika bapak dan ibu tidak mau bekerja sama atau bersama-sama bekerja," sambungnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan harapannya agar seluruh stakeholders yang ada di Kecamatan Siantar Selatan bersama-sama menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kerja sama menjaga Kamtibmas, lanjutnya, dapat membuat warga merasakan keamanan dan kenyamanan di kecamatan tersebut.

"Begitu kita bisa menjaga Kamtibmas, otomatis kita pulang ke rumah dengan tidur yang nyenyak. Tidak akan ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan kalau kita bisa berkomunikasi secara baik dan kekeluargaan," kata dia.

Tak lupa, dia kembali mengingatkan agar warga turut bergotong-royong dan saling membantu untuk mewujudkan visi misi Wali Kota Susanti, yakni Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Sianțar Bangkit dan Maju.

 

"Untuk itu, kami perangkat yang ada di bawah harus bisa mensukseskan hal itu. Kami memohon kepada bapak dan ibu untuk kerja samanya," ucap Pedi Arianto.

Sementara itu, Kapolsek Siantar Selatan Iptu Maxi Justan Manurung mengimbau agar warga dapat memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini dengan penuh suka cita.

"Oleh karena itu kami sampaikan bahwa acara ini kita isi bukan untuk memperebutkan sesuatu hal yang harus dipertandingkan mati-matian, bukan seperti itu. Tetapi bagaimana kita mengisi dengan kemeriahan dan penuh suka cita," tuturnya.

"Sekali pun kita menjadi pemenangnya tetapi tidak dengan kemeriahan, rasanya sia-sia perayaan kita ini. Tetapi meskipun kita tidak meraih pemenangnya, tetapi kita merayakannya dengan penuh suka cita, itulah momen yang perlu kita ambil," ucap Kapolsek menambahkan.

Adapun yang turut hadir pada perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tersebut, yakni Sekcam Siantar Selatan Alexandro Siahaan, Lurah Aek Nauli Sabaruli Sipayung, dan Lurah Simalungun Ridho Iman Purba.

Kemudian, Lurah Martimbang Roy Sijabat, Lurah Toba Jhonstari Damanik, Lurah Kristen Jalitus Janwarius, dan Lurah Karo Every Nota Ginting.[] (adv)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya