Hiburan Selasa, 13 Desember 2022 | 10:12

Seniman dan Budayawan Remy Sylado Meninggal Dunia

Lihat Foto Seniman dan Budayawan Remy Sylado Meninggal Dunia Seniman dan budayawan Indonesia, Remy Sylado. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Seniman dan sastrawan Indonesia Remy Sylado meninggal dunia pada Senin pagi, 12 Desember 2022. Penulis novel yang juga penulis skenario drama dan film itu wafat dalam usia 77 tahun.

Remy Sylado yang memiliki nama lengkap Japi Panda Abdiel Tambajong, lahir di Minahasa, Sulawesi Utara, 12 Juli 1945. Dia dikenal publik sebagai seniman multitalenta yang besar di era 1960-an hingga 1990-an.

Dikenal dengan nama pena Remy Sylado, dia berkarya di banyak disiplin kesenian, termasuk sebagai sastrawan, dosen, novelis, penulis, penyanyi, aktor dan mantan wartawan.

Sepanjang hidup, Remy Sylado mewakafkan usianya dengan berkarier di bidang seni selama lebih dari lima dekade.

Sebagai aktor, Remy muncul di belasan judul film layar lebar dan merupakan salah satu aktor paling disegani di generasinya. Selain film, ia juga seorang penulis yang aktif menggarap beberapa karya.

Beberapa karya tulis Remy Sylado telah diadaptasi ke layar lebar. Salah satu film populer yang pernah dibuat berdasarkan tulisannya adalah Ca-bau-kan (2002) dari novel berjudul sama Ca-bau-kan: Hanya Sebuah Dosa (1999).

Di kancah perfilman, Remy Sylado pernah meraih nominasi sebanyak tiga kali di Festival Film Indonesia sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik, lewat film berjudul Tinggal Sesaat Lagi (1987), Akibat Kanker Payudara (1988), dan 2 dari 3 Laki-laki (1990).

Seniman dan budayawan Indonesia, Remy Sylado. (Foto: Istimewa)

Kabar duka disampaikan Ketua Humas Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Evry Joe kepada wartawan. Dia bilang, Remy Sylado yang ia sebut sebagai aktor besar itu telah berpulang.

"Telah berpulang hari ini (Senin, 12 Desember 2022), seorang seniman besar Indonesia yang juga seorang budayawan, novelis, penulis cerita film, dan bagi saya beliau juga merupakan seorang aktor besar Indonesia, Remy Sylado," kata Joe, dikutip Opsi pada Selasa, 13 Desember 2022.

Evry Joe mengatakan bahwa Remy Sylado sosok seniman serba bisa yang terampil dalam berkarya, mulai dari penulisan lagu, penulisan cerita dan novel, serta buku puisi.

Joe yang juga menyampaikan doa terakhir kepada sosok Remy Sylado yang disebutnya sebagai sosok sahabat yang dekat dengannya itu.

"Kami dari PB PARFI mengucapkan selamat jalan, Bang Remy Sylado. Semoga karya-karya yang kau tinggalkan menjadi ladang amal untukmu di akhir hayatmu," kata Joe.

Baca juga: Eks Petinggi Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia

Baca juga: Mantan Paranormal Artis Ki Joko Bodo Meninggal Dunia

"Semoga semua karyamu menjadi pelajaran untuk kami yang ditinggalkan, terutama keluarga untuk mengikhlaskan seniman besar kita. Karya-karyamu selalu kami kenang, semoga surga adalah tempatmu," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya