News Kamis, 26 Mei 2022 | 17:05

Seniman di Balekambang Solo Dapat Amplop Putih dan Kaus Jokowi

Lihat Foto Seniman di Balekambang Solo Dapat Amplop Putih dan Kaus Jokowi Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berkunjung ke Taman Balekambang, Solo, Kamis, 26 Mei 2022. (foto: Opsi/YouTube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri blusukan ke Taman Balekambang saat pulang ke Kota Solo, Jawa Tengah pada Kamis, 26 Mei 2022. Di hari yang sama, presiden juga tercatat menjadi wali pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan adiknya, Idayati.

Saat berjunjung ke Taman Balekambang, Jokowi tampak membagi-bagikan amplop putih dan kaus berwarna hitam bertuliskan `Jokowi`, disalurkan langsung olehnya kepada para seniman lokal dan masyarakat.

"Pagi hari ini saya berkunjung ke Balekambang, Kota Solo, dalam rangka melihat geliat aktivitas para seniman, utamanya seniman rakyat, baik itu wayang orang, ketoprak, reog, dan seni tradisi," kata Presiden Jokowi dikutip Opsi dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 26 Mei 2022.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berkunjung ke Taman Balekambang, Solo, Kamis, 26 Mei 2022. (foto: Opsi/YouTube Sekretariat Presiden).

Menurut dia, sudah dua tahun ini panggung seni banyak yang seolah tak berdegup, semenjak pagebluk Covid-19 melanda negeri ini.

Jokowi berharap setelah pandemi mereda, panggung seni bisa berjalan seperti sediakala.

"Yang kita tahu sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan (seni) dan diharapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi," katanya.

Jokowi menginginkan seniman bisa tampil eksis seperti semula dan untuk merawat serta memelihara seni budaya itu merupakan tugas dari semua rakyat.

"Paling penting itu seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita. Saya rasa itu saya bertemu dengan para seniman seni tradisi," kata Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya