News Senin, 28 November 2022 | 16:11

Senin Sore 28 November 2022, Mensesneg Serahkan Surpres Calon Panglima TNI ke DPR RI

Lihat Foto Senin Sore 28 November 2022, Mensesneg Serahkan Surpres Calon Panglima TNI ke DPR RI Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. (foto: ist).

Jakarta - Istana Kepresidenan dijadwalkan mengirim Surat Presiden (Surpres) dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada DPR RI terkait calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan Surpres itu akan disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin sore ini, 28 November 2022.

"Dikirim sekarang ini. Sekarang ini dikirim ke DPR RI, yang mengirim Pak Mensesneg," kata Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Kendati demikian, dia enggan menjelaskan siapa nama yang dikirim Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI berikutnya.

"Ibu Ketua DPR RI (Puan Maharani) nanti yang sampaikan ke publik," ucap Pramono.

Sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, calon Panglima TNI bisa berasal dari tiga kepala staf matra TNI ataupun mantan kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI.

Baca juga: Tiap Tahun Makin Kaya, Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Tanah di 51 Lokasi

Baca juga: Diajukan Jadi Panglima TNI, KSAL Yudo Margono Persiapkan Fit and Proper Test

Saat ini terdapat tiga kepala staf pada tiga matra TNI yang berpeluang untuk menjadi Panglima TNI, yakni Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf AL Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf AU Marsekal Fadjar Prasetyo.[] (Antara)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya