Daerah Rabu, 23 Februari 2022 | 17:02

Senjata Bius Disiapkan, BKSDA Aceh Buru Harimau Pencakar Warga

Lihat Foto Senjata Bius Disiapkan, BKSDA Aceh Buru Harimau Pencakar Warga Ilustrasi Harimau Sumatra. (foto: Shutterstock).

Aceh Selatan - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyiapkan senjata bius untuk menangkap Harimau Sumatra yang pernah mencakar warga di Kabupaten Aceh Selatan beberapa waktu lalu.

Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto mengatakan tim medis BKSDA dan Forum Konservasi Leuser (FKL) sudah menuju ke tempat terindikasi area yang pernah dilintasi si loreng, tepatnya di wilayah Kecamatan Bakongan Timur.

"Beberapa waktu lalu kita juga sudah menurunkan tim medis ke lokasi untuk melakukan penanganan. Tujuannya untuk membantu penanganan harimau itu melalui pembiusan,” kata Agus, Rabu, 23 Februari 2022.

Dia melanjutkan, tindakan penanganan dengan senjata bius dilakukan setelah nihil hasil dari 3 perangkap atau box trap (kotak perangkap) yang telah dipasang petugas beberapa waktu lalu. Langkah selanjutnya dilakukan upaya lain atau dengan obat bius.

"Petugas kemudian melakukan penangkapan dengan menembakkan obat bius. Mudah-mudahan bisa tertangkap untuk kemudian direlokasi ke tempat yang lebih aman," ucapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, terutama di wilayah di mana satwa dilindungi itu berkeliaran. Jika harimau tertangkap maka akan direlokasi ke tempat yang lebih aman.

"Batasi aktivitas, tidak sendiri melakukan aktivitas di tempat-tempat yang memang intensitas harimau pernah muncul di wilayah itu. Kita tentu berupaya sebisa mungkin agar harimau dapat diselamatkan," ucapnya memungkasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya