News Minggu, 25 September 2022 | 10:09

Seorang Ratu di Balik Kemenangan Indonesia Vs Curacao, Siapa Dia?

Lihat Foto Seorang Ratu di Balik Kemenangan Indonesia Vs Curacao, Siapa Dia? Ratu Tisha. (Foto: Instagram)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Di tengah kemenangan timnas Indonesia atas Curacao, 3-2 dalam dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Sabtu, 24 September 2022, menyeruak nama Ratu Tisha.

Siapa dia? 

Nama lengkapnya adalah Ratu Tisha Destria. Dia merupakan perempuan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI. 

Perempuan cantik kelahiran Jakarta pada 30 Desember 1985 tersebut, disebut berjasa mendatangkan pelatih Shin Tae-yong untuk menukangi timnas Indonesia.

Di tangan Shin, timnas Indonesia mengalami kemajuan positif. Timnas senior lolos ke Piala Asia 2023 dan juga meloloskan timnas U-20 ke Piala Asia 2023.

Baca juga:

Timnas Indonesia di Tangan Shin Tae-yong Makin Paten

Shin bisa menangani timnas berkat kemampuan lobi seorang Ratu Tisha.

Putri dari dari pasangan Tubagus Adhe dan Venia Maharani itu semula menghubungi pihak Korea FA (KFA) agar bisa berbicara dengan Shin Tae-yong. 

Dia kemudian bertemu dengan pelatih yang pernah menangani timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 Rusia itu. 

Tisha dan Shin bertemu pada Kualifikasi Piala Dunia Asia 2022 di Malaysia. Sejak saat itu, Shin sepakat menangani Timnas Indonesia. 

Shin bakal melatih Timnas Indonesia untuk U-19, U-23, dan senior dengan durasi tiga tahun, tepatnya sampai 31 Desember 2023. 

Gadis jebolan Institut Teknologi Bandung jurusan Matematika itu memang penyuka bola sejak kecil. 

Selepas dari Sekjen PSSI, Tisha berkarier di AFF sebagai wakil presiden periode 2019-2023.

Dia lulusan program FIFA Master dan menyandang gelar Master of Ar. Mengawali karier di sepak bola sebagai Direktur Kompetisi dan Regulasi di Turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) sebelum kemudian menjadi Sekjen PSSI. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya