News Rabu, 15 Juni 2022 | 20:06

Sepak Terjang Zulkifli Hasan untuk Menstabilkan Harga Bahan Pokok Akan Ditunggu Rakyat

Lihat Foto Sepak Terjang Zulkifli Hasan untuk Menstabilkan Harga Bahan Pokok Akan Ditunggu Rakyat Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.(Foto:Opsi/Tangkapan layar)

Jakarta - Pengamat Politik dan Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Suko Widodo alias Sukowi mengatakan sepak terjang Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi layak ditunggu.

"Sepak terjang Zulkifli Hasan untuk bisa menstabilkan harga bahan pokok yang tengah melambung akan ditunggu oleh rakyat," kata Sukowi seperti mengutip ANTARA, Rabu, 15 Juni 2022.

Dia menilai posisi Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan sangat layak diganti karena tidak bisa menstabilkan harga, seperti minyak goreng.

Meski begitu, dosen FISIP Unair itu cukup kaget ketika Zulkifli Hasan yang ditunjuk untuk menjadi Menteri Perdagangan.

"Bagi saya posisi Menteri Perdagangan harus diganti, tapi kalau penggantinya Zulkifli Hasan memang sedikit mengagetkan karena saya belum tahu apa dia punya background pedagang atau bukan," ujarnya.

Dia mengatakan, keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Mendag, cukup menarik karena selama ini menteri untuk kader Partai Amanat Nasional adalah posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Tapi, menteri itu adalah pembuat kebijakan. Jadi, tidak seberapa penting latar belakangnya, yang penting dia mampu dinilai mampu menjalankan tugasnya," tuturnya.

Sementara, untuk Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil, dia mengaku tidak seberapa kaget mengingat Presiden sudah sangat mengenal sosok mantan Panglima TNI tersebut.

"Hadi Tjahjanto adalah orang yang sudah dikenal Presiden Jokowi lama, akan mudah memahami ritme kerja presiden," kata dia.

Selain dua posisi menteri, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri baru yang berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 M tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Berdasarkan surat yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kemensesneg Nanik Purwanti, tiga wakil menteri baru yang dilantik yakni Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Berikutnya, Afrianyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan dan Raja Juli Anthony sebagai Wakil Menteri Agragria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya