Daerah Kamis, 29 Desember 2022 | 19:12

Sepanjang 2022 Terjadi 532 Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Bandung

Lihat Foto Sepanjang 2022 Terjadi 532 Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Bandung Kecelakaan pesepeda motor. (Foto: Opsi/PMJ News/Ilustrasi).
Editor: Yohanes Charles

Bandung - Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung mencatat selama tahun 2022 jumlah kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung sebanyak 532 kejadian.

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada pada tahun 2021, terjadi 414 kecelakaan.

"Angka kecelakaan di wilayah hukum Polrestabes Bandung tahun 2022 meningkat 28,5 persen dibanding tahun 2021 lalu," kata Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu di Bandung, Kamis, 29 Desember 2022.

Calon Kapolres Cirebon Kota ini menjelaskan, kendaraan terbanyak yang terlibat kecelakaan di tahun 2022 ini yaitu sepeda motor.

Baca juga: Ini Daftar Nama-nama Korban Kecelakaan di Tol Cipali

"Kecelakaan terbanyak yakni sepeda motor 730 unit. Kemudian minibus 155 sebanyak 155 unit," kata pria yang pernah menjabat Wakapolres Kediri Polda Jatim ini.

Sat Lantas Polrestabes Bandung juga mencatat selama tahun 2022 ini, sebanyak 187 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

"Luka berat 36 dan luka ringan 503 orang," ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Gakkum Sat Lantas Polrestabes Bandung Iptu Arief Saepul Haris menambahkan pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk menekan angka kecelakaan di Kota Bandung.

"Seperti rapat dengan pemangku kebijakan jalan, Dishub, Bina Marga dan Jasa Marga untuk perbaikan dan kelengkapan sarana dan prasarana jalan untuk menghindari terjadinya kecelakaan," kata Arief.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan yang Libatkan Mobil Dinas Asisten II Pemprov Sulbar

Selain itu, juga dilakukan pemasangan spanduk imbauan di daerah rawan kecelakaan dan pembagian leafet kepada pengguna jalan.

Sat Lantas Polrestabes Bandung juga rutin melaksanakan sosialisasi keselamatan berlalu lintas melalui media cetak maupun medsos.

"Kerja sama dgn ATCS Kota Bandung untuk himbauan di TL Kota Bandung," imbuhnya.

Arif mengungkapkan pihaknya melakukan teguran secara humanis oleh petugas di lapangan kepada para pelanggar lalu lintas. []

 

Baca juga kumpulan berita terkini lainnya dari tim redaksi kami melalui Google News

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya