News Selasa, 20 Desember 2022 | 15:12

Serah Terima Jabatan Panglima TNI dari Jenderal Andika Perkasa ke Laksamana Yudo Margono

Lihat Foto Serah Terima Jabatan Panglima TNI dari Jenderal Andika Perkasa ke Laksamana Yudo Margono Serah terima jabatan Panglima TNI dari Jenderal Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 20 Desember 2022. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Jenderal Andika Perkasa resmi melepas jabatannya sebagai Panglima TNI dan digantikan oleh Laksamana TNI Yudo Margono. 

Pergantian dilakukan pada upacara serah terima jabatan Panglima TNI dilakukan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 20 Desember 2022.

Acara dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Setelah itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan.

"Memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Panglima TNI disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut," bunyi Keppres tersebut.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam kegiatan itu, salah satunya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menko Polhukam Mahfud Md. 

Selain itu, tampak juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dalam upacara serah terima jabatan, yang bertugas sebagai komandan upacara yakni Kolonel Pnb Agni Prayogo yang menjabat sebagai Komandan Wing Udara 4 Lanud Atang Sandjaja Bogor dan perwira upacara Kolonel Marinir Mauriadi, yang menjabat Paban IV Watpers Spers TNI.

Upacara juga terdiri atas enam pasukan setingkat kompi, mulai pasukan Polisi Militer TNI, Koopsus TNI, pasukan TNI AD, pasukan TNI AL, pasukan TNI AU, hingga pasukan PNS.

Dalam upacara hari ini juga turut dipamerkan berbagai alutsista TNI, di antaranya dua unit Anoa PMPP, dua unit Panser V 150 NI AD, dua unit Mistral TNI AD dan empat unit Atav Kopassus. 

Baca juga: Jokowi Bilang Rencana Panglima Yudo di Papua Langkah Baik: Tetapi Harus Tegas

Baca juga: Sah! Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Kemudian, ada juga dua unit Howizert TNI AL, satu unit ISLV TNI AL, dua unit APC Turangga TNI AU, satu unit ISLV TNI AU dan dua unit ISLV Denma Mabes TNI.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya