News Senin, 24 Oktober 2022 | 11:10

Siapa Capres Pilihan Jokowi Menggema di Musra Riau

Lihat Foto Siapa Capres Pilihan Jokowi Menggema di Musra Riau Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia III di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu, 23 Oktober 2022. (Foto: Istimewa)

Pekanbaru - Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia III telah digelar di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu, 23 Oktober 2022. Di lokasi tersebut muncul pertanyaan soal siapa capres pilihan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebanyak 3.000 peserta Musra yang hadir mengikuti e-voting capres-cawapres pilihan rakyat di Gedung Sport Center Rumba.

"Pengumuman capres-cawapres pilihan rakyat Riau akan kami sampaikan kemudian," kata Ketua Panitia Musra Indonesia Panel Barus seperti mengutip keterangannya, Senin, 24 Oktober 2022.

Ribuan peserta yang mengikuti Musra Riau hadir dari beragam latar belakang profesi.

Mereka antara lain, perwakilan petani sawit, petani sorgum, pelaku UMKM, guru honorer, serta asosiasi RT/RW se-Riau.

Menurut Panel, keberagaman inilah yang melatarbelakangi aneka usulan dan harapan terhadap pemimpin Indonesia hasil Pilpres 2024.

Dia mengungkapkan para guru honorer, misalnya, meneriakkan nasibnya yang tak kunjung jelas karena gaji masih di bawah UMR.

Kemudian petani mempersoalkan kebijakan hak guna usaha (HGU) lahan pertanian yang dianggap tidak berpihak kepada kaum petani.

"Kalau HGU sudah habis, lahan dikasih ke rakyat dong!" kata perwakilan petani di acara tersebut.

Lebih lanjut, pelaku UMKM turut mengungkapkan keluhan yang mereka rasakan.

Pelaku UMKM meminta Presiden RI hasil Pilpres 2024 dapat memperjuangkan nasib mereka.

Mereka beranggapan pemberian bantuan modal atau kredit memang penting, namun supervisi dan keberpihakan dari pemerintah tidak kalah vital.

Selain itu, pelaku UMKM juga menolak perdagangan dibebaskan dengan alasan apa pun.

"Kalau dilepas ke pasar bebas, ya kami miskin," tutur perwakilan pelaku UMKM.

Menjelang e-voting tentang tokoh capres dan capres pilihan rakyat Riau, bermunculan pertanyaan dan teriakan dukungan kepada sejumlah tokoh.

Nama Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Pertahanan Prabowo juga disebut oleh sejumlah peserta Musra Riau.

Pada kegiatan itu, ada peserta yang melontarkan pertanyaan kepada moderator Musra Riau terkait siapa capres pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

"Siapa ini capres pilihan Pak Jokowi kira-kira?" tanya peserta Musra.

Mendengar itu, Panel Barus menyebut wajar ada pertanyaan tersebut. Sebab, banyak harapan rakyat yang akan digantungkan ke pundak pemimpin mendatang.

Sedangkan kemunculan sejumlah nama tokoh yang disukai atau ditolak oleh peserta, lanjutnya, justru membuktikan bahwa forum Musra memang dibutuhkan rakyat.

"Capres pilihan Pak Jokowi adalah capres pilihan rakyat, termasuk rakyat Riau ini," Bendahara Umum DPP Projo itu.

Musra III di Pekanbaru juga dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat daerah, yakni Wakil Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Indonesia Budi Arie Setiadi, Gubernur Riau H. Syamsuar, Kabinda Provinsi Riau Brigjen TNI R.Wibisono, serta Kabid Kewaspadaan Nasional, dan Penanganan Konflik Hendriyadi Wijaya Kusuma.

Hadir pula Ketua Musra Riau Sonny M. Silaban dan Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea melalui zoom.

Di akhir, Panel menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas keberhasilan Musra III di Pekanbaru, Riau, ini.

Panitia Musra Indonesia kembali mengundang rakyat untuk meramaikan Musra IV yang akan diadakan di Palembang, Sumsel, pada Sabtu, 29 Oktober 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya