News Sabtu, 05 November 2022 | 23:11

Siapa Raja Haji Ahmad, Figur di Google Doodle pada 5 November 2022

Lihat Foto Siapa Raja Haji Ahmad, Figur di Google Doodle pada 5 November 2022 Raja Haji Ahmad. (Foto: Google)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad dikenal dengan nama pena Raja Ali Haji. Sosoknya menjadi muncul di Google Doodle pada Sabtu, 5 November 2022.

Raja Ali Haji sebelumnya sudah ditetapkan pemerintah sebagai pahlawan nasional pada 5 November 2004 lalu.

Dia lahir di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau tahun 1808  dan meninggal di Pulau Penyengat, Kesultanan Lingga, Provinsi Kepulauan Riau sekitar 1873.

Dikenal sebagai ulama, sejarawan, dan pujangga abad 19 keturunan Bugis dan Melayu. Terkenal sebagai pencatat pertama dasar-dasar tata bahasa Melayu lewat buku Pedoman Bahasa; buku yang menjadi standar bahasa Melayu. 

Baca juga:

Mengenal Sandiah Ibu Kasur lewat Google Doodle

Bahasa Melayu standar kemudian dalam Kongres Pemuda Indonesia 28 Oktober 1928 ditetapkan sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia. 

Merupakan keturunan kedua dari Raja Haji Fisabilillah, Yang Dipertuan Muda IV dari Kesultanan Lingga-Riau dan juga merupakan bangsawan Bugis.

Karyanya Gurindam Dua Belas (1847), menjadi pembaharu arus sastra pada zamannya. Bukunya berjudul Kitab Pengetahuan Bahasa, yaitu Kamus Bahasa Melayu Riau-Lingga penggal yang pertama, merupakan kamus ekabahasa pertama di Nusantara. 

Menulis Syair Siti Shianah, Syair Suluh Pegawai, Syair Hukum Nikah, dan Syair Sultan Abdul Muluk. 

Dalam bidang ketatanegaraan dan hukum, Raja Ali Haji juga menulis Mukaddimah fi Intizam (hukum dan politik). Aktif pula sebagai penasihat kerajaan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya