Hiburan Rabu, 25 Mei 2022 | 01:05

Singgung Fenomena "Anak Senja", Gugun Blues Shelter Luncurkan Single Jingga

Lihat Foto Singgung Fenomena "Anak Senja", Gugun Blues Shelter Luncurkan Single Jingga Grup band Gugun Blues Shelter. (Foto: demajors)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Grup band Gugun Blues Shelter alias GBS, kembali merilis karya anyar berupa single yang diberi tajuk Jingga. Tembang ini, diluncurkan dalam format digital bekerja sama dengan label demajors.

Usai menghasilkan 10 album sejak 2004, trio rock Gugun Blues Shelter berencana untuk lebih fokus pada kegiatan merilis rekaman-rekaman singel.

Setelah single Jingga yang dirilis pada Kamis, 26 Mei 2022, beberapa trek baru pun sudah mereka siapkan untuk dilepas menjadi serentetan rilisan di sepanjang tahun 2022.

Tetap dengan dasar musik blues rock bernafaskan soul/r&b yang kental, single Jingga juga menampilkan sisi pop terbaik dari GBS.

Merupakan hasil kolaborasi yang selaras dari Gugun sebagai penulis lagu utama dengan permainan prima seksi ritme GBS – pemain gitar bas Fajar dan penabuh drums Bowie – yang mengumbar groove panas dan menular di sepanjang trek.

Secara tematik, tembang Jingga juga merupakan respon pribadi Gugun terhadap fenomena `senja` yang populer beberapa tahun belakangan di dunia musik Indonesia.

"Kecenderungan musisi-musisi baru, para penggemar musik baru, tema-tema, dan segalanya tentang `senja` yang secara kolektif muncul akhir-akhir ini. Entah apa maksudnya, tetapi hal tersebut menggugah saya untuk bereaksi," kata Gugun, dikutip Opsi pada Rabu, 25 Mei 2022.

Arwork single Jingga milik Gugun Blues Shelter. (Foto: Kating)

Direkam di Velvet Studio, Jakarta, dasar musik single Jingga dimainkan secara live. Tetapi dengan gain yang lebih rendah jika dibandingkan dengan sound dan sikap live on stage yang ditawarkan di album sebelumnya, GBS Fest.

Proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Giovanni Guidi, yang juga pernah bekerja dengan aksi seperti Noah dan Mocca.

Sementara artwork rilisan single ini dikerjakan oleh Kating, seorang ilustrator asal Cilacap yang juga penggemar GBS, dengan gaya dan warna yang mengisyaratkan semesta metaverse.

"Dasar sketsa berasal dari oret-oretan saya, lalu diterjemahkan oleh Kating dengan luar biasa. Memang terinspirasi estetika metaverse, semesta yang berbeda, sebagai perayaan akan jaman juga," ujar Gugun.

Mengenai kemungkinan merambah kancah blockchain dan Non-Fungible Token (NFT) yang kini tengah berkembang, Gugun mengaku tak menutup pintu untuk mencobanya.

"Tentu obrolan tentang NFT, metaverse, baru saja hadir dalam kehidupan kami. Kalau trend-nya seperti itu, kenapa tidak? Kami akan coba," kata dia.

Baca juga: Kejar Pasar Musik Dunia, Bless The Knights Gandeng Gitaris Asal Brasil di Single Baru

Baca juga: Gelaran Flavs Festival Siap Digelar Offline Pada 10-11 September 2022

Single Jingga milik GBS tersedia dan bisa dinikmati di berbagai platform streaming digital, di antaranya Spotify, Apple Music, Joox, Resso, YouTube Music dan Deezer. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya