News Senin, 14 Maret 2022 | 08:03

Singgung Ritual Kendi Nusantara, Roy Suryo Doakan Nasib IKN Tak Seperti Esemka

Lihat Foto Singgung Ritual Kendi Nusantara, Roy Suryo Doakan Nasib IKN Tak Seperti Esemka Joko Widodo atau Jokowi saat memandikan mobil esemka menggunakan kembang. (foto: Twitter/@KRMTRoySuryo2).

Jakarta - Mantan politis Partai Demokrat Roy Suryo menyinggung soal ritual khusus yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Roy menilai semua ritual boleh dilakukan, asalkan diiringi doa dan niat tulus. Mantan Menpora itu berharap kelak nasib IKN tidak serupa dengan mobil Esemka.

"Melakukan tradisi ritual di era Society 5.0 atau Metaverse sebagai Penghormatan Akar Budaya Adiluhung Nusantara sih boleh-boleh saja," kata Roy Suryo dalam cuitan pada akun Twitternya dikutip Senin, 14 Maret 2022.

Baca juga: PKS ke Jokowi: Mohon Produksi Esemka Dulu Sebelum Bangun IKN

"Namun harus dilandasi Niat Tulus, Kejujuran, Usaha Keras dan Jangan lupa tetap Berdoa kepada Tuhan YME, Allah SWT, agar tidak berujung seperti ESEMKA ...AMBYAR," demikian kicauan Roy Suryo.

Ritual yang akan dilakukan Jokowi ini diketahui dilakukan bersama seluruh gubernur se-Indonesia. Kemudian mereka berencana menggelar ritual `Kendi Nusantara`.

Pada ritual ini selain diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat daerah masing-masing, para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal. Air dan tanah itu kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Nusantara.

Baca jugaCatat! Said Didu Sebut Proyek Ibu Kota Negara Bakal Mangkrak Seperti Esemka

Sementara Esemka diketahui merupakan salah satu merek mobil yang punya citra sebagai `mobil nasional` dan lahir pada era Jokowi kala menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Esemka saat ini memang telah berkembang, bahkan memiliki satu pabrik di Boyolali, Jawa Tengah dan telah punya produk perdana berjenis pikap.

Namun belakangan, nama dan produk Esemka terus meredup serta tidak terdengar pada kancah industri otomotif nasional.

Di sisi lain, pada era masih menjabat sebagai orang nomor satu di Solo (2005-2012), Jokowi kala itu juga sempat melakukan ritual khusus untuk Esemka. Jokowi menyiramkan air bercampur kembang ke salah satu produk Esemka berjenis SUV berkelir hitam.

Foto dari momen Jokowi saat menggelar ritual menyiram air kembang ke mobil itu kemudian turut dibagikan Roy Suryo dalam cuitan tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya