Hiburan Rabu, 27 Desember 2023 | 21:12

Sinopsis Film Trinil - Balekno Gembungku, Kisah Mistis Berlatar Politik

Lihat Foto Sinopsis Film Trinil - Balekno Gembungku, Kisah Mistis Berlatar Politik Suasana konferensi pers dan screening film Trinil - Kembalikan Tubuhku. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Satu lagi film horor Indonesia bakal hadir mewarnai layar bioskop di seluruh Indonesia. Berjudul Trinil - Balekno Gembungku (kembalikan tubuhku), karya ini merupakan garapan sutradara Hanung Bramantyo.

Seperti yang telah menjadi ciri khas dari seorang Hanung Bramantyo, di film ini lagi-lagi dia bermain dengan latar sejarah, yakni pada masa dekade 1970-an.

Kala itu, Indonesia kali pertama memasuki fase pemilu dengan peserta 3 partai yakni PPP, Golkar dan PDI. Pada masa itu, situasi politik di Indonesia sedang memanas. Banyak terjadi pembunuhan di kalangan ulama.

Trinil dibintangi Carmela Van De Kruk, Rangga Nattra, Fattah Amin, Shalom Razade, dan Wulan Guritno. Naskahnya, dipoles Hagi Ahmad bersama Hanung Bramantyo.

Dalam kisahnya, pasangan pasutri bernama Rara (Carmela Van Der Kruk) dan Sutan (Rangga Nattra) menjadi pusat pusaran cerita.

Mereka dikisahkan tengah siap memulai hidup baru setelah berbulan madu. Rara mewarisi perkebunan teh nan luas di Jawa Tengah milik William Saunder, ayahnya, seorang lelaki Belanda yang sangat mencintai Indonesia. Sementara Sutan bekerja sebagai perawat di rumah sakit.

Suasana konferensi pers peluncuran poster dan trailer perdana untuk film Trinil - Balekno Gembungku (kembalikan tubuhku). (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Suatu malam, Rara merasakan ketindihan kala dia tidur. Padahal selama bulan madu, dia selalu nyenyak tidur di malam hari.

Sadar ada yang tak beres, Sutan meminta bantuan Yusof (Fatah Amin), teman sekolahnya saat mereka di Penang, Malaysia, yang kini piawai menangani beragam kasus mistis.

Mulanya, Rara menolak ide ini. Namun, teror makin mencekam. Puncaknya, hantu kepala tanpa badan muncul dengan sebuah permintaan, "Trinil, balekno gembungku (kembalikan tubuhku)".

Baca juga: Balik ke Genre Horor, Hanung Bramantyo Garap Film Trinil - Balekno Gembungku

Baca juga: Daftar Pemenang Ajang Anti-Corruption Film Festival 2023 Resmi Diumumkan

Film Trinil, balekno gembungku (kembalikan tubuhku) garapan rumah produksi Dapur Film bekerja sama dengan Seven Skies Motion diagendakan tayang di layar bioskop mulai 6 Januari 2024 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya