News Senin, 29 November 2021 | 11:11

Sinyal Keinginan Berpolitik Erick Thohir Tinggi, Maka Jadi Anggota Banser

Lihat Foto Sinyal Keinginan Berpolitik Erick Thohir Tinggi, Maka Jadi Anggota Banser Menteri BUMN Erick Thohir jadi Anggota Banser. (foto: Banser).

Jakarta - Pengamat Politik Hendri Satrio menanggapi manuver Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Hendri menilai memang tidak ada salahnya Erick Thohir diangkat sebagai anggota kehormatan Banser. Namun, dia menduga ada hasrat berpolitik yang cukup tinggi dari Erick terkait pengangkatan tersebut. 

"Tapi ini terlalu jelas dilihat publik bahwa ada sinyal keinginan berpolitik lebih tinggi dari seorang menteri. Walau boleh-boleh saja tapi menurut saya ini terlalu berlebihan," ujar Hendri kepada wartawan, dikutip Opsi, Senin, 29 November 2021.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI itu mensinyalir, ke depannya Erick Thohir akan sulit menjaga sikap netral sebagai menteri setelah diangkat menjadi anggota kehormatan Banser. 

"Dengan (diangkat) oleh Banser artinya Erick sudah berpihak, sudah mengotakkan dirinya ke satu ormas, padahal sebagai Menteri BUMN harusnya dia netral," ujarnya.

Lebih lanjut Hendri menginginkan, semestinya Erick fokus pada pembenahan BUMN. Sebab, jika BUMN punya rapor baik, hal itu juga akan mengharumkan nama Erick. 

"Ada baiknya konsentrasi saja pada pembenahan BUMN, itu yang terbaik yang bisa dilakukan beliau. Kalau BUMN kinclong, beliau juga kinclong kok," kata Hendri.

Sebelumnya, Erick Thohir resmi menjadi anggota Banser. Mantan bos Inter Milan ini disebut berhasil mengikuti sejumlah rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) untuk syarat menjadi anggota Banser di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu, 28 November 2021.

Tak berbeda dengan para calon anggota Banser lain, Erick pun menjalani sejumlah ujian untuk menjadi anggota Banser. Ujian tersebut mulai dari jalan jongkok dan merayap, mencari baret, hingga meneriakkan yel-yel.

"Ini suatu penghormatan luar biasa yang tidak terhingga buat saya karena saya bisa menjadi keluarga besar Banser," ujar Erick Thohir di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, dikutip Opsi, Senin, 29 November 2021. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya