Daerah Sabtu, 27 Agustus 2022 | 10:08

Sokkol Ubi, Makanan Tradisional yang Mudah Ditemukan di Sulbar

Lihat Foto Sokkol Ubi, Makanan Tradisional yang Mudah Ditemukan di Sulbar Sokkol Ubi, salah satu makanan khas di Sulbar. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Sokkol Ubi merupakan salah satu kuliner tradisional yang terkenal sebagai makanan khas Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar).

Makanan tersebut merupakan perpaduan antara singkong yang dicampur dengan kacang hijau, serta kepala parut segar yang dibungkus dengan daun pisang muda.

Tampilannya yang putih cerah pun semakin menggugah selera para penikmatnya.

Berikut resep penyajian Sokkol Ubi. Cara pembuatannya, pertama-tama siapkan bahan dasar yakni Singkong. Singkong ini kemudian dikupas kulitnya seperti biasa.

Lalu siapkan kacang hijau, kelapa parut segar, serta daun pisang muda sebagai pembungkus.

Setelah semua disiapkan, campurkan Singkong dengan kacang hijau, serta kelapa parut segar lalu dikukus dan siap disajikan.

Di Kabupaten Mamuju Sulbar, kita bisa menikmati Sokkol Ubi ini di beberapa tempat penjualan makanan khas Mandar, salah satunya di jalan Martadinata tidak jauh dari kantor Gubernur Sulbar.

"Setiap hari, saya menjual di sini, menunggu pegawai Pemprov Sulbar serta warga Mamuju yang lewat untuk membeli makanan khas Mandar," kata salah seorang penjual makanan khas di Mamuju, Tika, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Tika mengaku, dirinya membuat sebanyak 40 bungkus Sokkol Ubi setiap hari. Kadang habis terjual, namun tidak jarang pula, hanya terjual 30 hingga 35 bungkus per harinya.

"Harganya hanya Rp 10.000 rupiah per bungkusnya," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya