Daerah Jum'at, 16 September 2022 | 02:09

"Sore Mase", Permudah Pelayanan TTE Pemprov Jateng

Lihat Foto "Sore Mase", Permudah Pelayanan TTE Pemprov Jateng Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Jateng, Martius Apun Heses. (Foto: Opsi/Diskominfo Jateng)
Editor: Yohanes Charles

Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali melakukan inovasinya. Di antaranya adalah, Sistem Otomatisasi Respon Layanan Helpdesk Manajemen Sertifikat Elektronik (Tanda Tangan Elektronik/ TTE), yang disingkat Sore Mase.

Pranata Komputer Ahli Muda Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jateng, Martius Apun Heses menjelaskan, Sore Mase berbentuk chatbot yang menggunakan platform Whatsapp (WA), untuk memberikan pelayanan terhadap ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ditambahkan, chatbot adalah sebuah program buatan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, yang dapat menyimulasikan percakapan atau obrolan dengan pengguna lain, layaknya manusia melalui aplikasi pesan, situs web, aplikasi seluler, atau melalui telepon.

“Sore Mase ini menggunakan platform WA untuk memberikan pelayanan terhadap ASN, terkait penerbitan dan pengelolaan Sertifikat Elektronik (SE)/ TTE,” jelas Apun, sapaanya ditemui di ruang kerjanya, di kantor Diskominfo Jateng, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Ganjar Kagum Konsep Penyelenggaraan Festival Kota Lama Semarang

Menurut Apun, Sore Mase juga diintegrasikan dengan Manajemen Sertifikat Elektronik (MSE), sehingga bisa mendapatkan data secara nyata (realtime). Setiap ASN yang akan mengajukan usul penerbitan TTE melalui MSE, secara otomatis akan terlayani oleh Sore Mase via layanan chat WA pada nomor 0811-2607-753.

Dia melanjutkan, Sore Mase juga merupakan solusi atas permasalahan terbatasnya personel dan waktu, dalam memberikan pelayanan dan pendampingan Manajemen Sertifikat Elektronik di Pemprov Jateng.

“Apalagi saat ini TTE telah diintegrasikan dengan berbagai sistem elektronik di Jateng, seperti TNDE yang telah di-upgrade menjadi Tatapraja, Silakonbangjali, Paijo GR, eBudgeting, ePenatausahaan, Siap Jateng, dan sistem elektronik lain. Sehingga Sore Mase sebagai layanan dukungan TTE, akan meningkatkan manajemen sertifikat elektronik ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Baca juga: Harga Beras di Pasar Mamuju Melonjak Hingga Rp 15.000

Dengan adanya layanan helpdesk berbasis otomatis chatbot ini, menurut Apun, akan mendorong terwujudnya layanan publik di Pemprov Jateng yang mudah, murah, cepat, efektif dan efisien, dengan didukung teknologi digital.

“Harapannya, akan memberikan manfaat bagi stakeholder secara pentahelix dan mendorong digitalisasi sektor layanan publik menuju pemerintahan berkelas dunia,” imbuhnya.

Rencananya, ujar dia, Sore Mase, akan diluncurkan pada 23 September 2022. Setelahnya, itu akan bisa mulai dioperasikan atau langsung bisa dimanfaatkan para ASN Jateng. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya