News Kamis, 06 Juli 2023 | 16:07

Stadion Manahan Solo Salah Satu Venue Piala Dunia U-17

Lihat Foto Stadion Manahan Solo Salah Satu Venue Piala Dunia U-17 Stadion Manahan Solo. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Sejumlah stadion disiapkan sebagai venue event kelas dunia itu.

Salah satu yang bakal diusulkan ke FIFA adalah Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Sebelumnya, stadion ini sudah masuk list venue Piala Dunia U-20 yang kemudian batal.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut, pihaknya mengajukan stadion di Solo untuk menjadi salah satu stadion penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Manahan salah satu yang diajukan," kata Menteri Dito saat menghadiri peluncuran Business Center Degree Crypto Token (DCT) Solo di Solo Technopark pada Rabu, 5 Juli 2023.

Disebutnya, pemerintah sedang fokus merenovasi 22 stadion untuk menunjang pengembangan olahraga Indonesia ke depannya. 

"Ini kan ada 22 stadion se-Indonesia, harus lihat seluruh stadion ini, apa saja yang perlu diperbaiki dan disempurnakan," katanya.   

BACA JUGA: Ini 24 Daftar Negara Peserta Piala Dunia U-17

Ada lima stadion di Indonesia yang sudah berstandar FIFA dan sebelumnya dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20, yakni Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Stadion Manahan, Stadion Jakabaring, dan Stadion I Wayan Dipta.

Hanya saja Dito mengatakan, yang berhak melakukan penilaian akhir adalah FIFA. "Tentunya FIFA yang berhak melakukan assessment final dan menentukan," katanya.   

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan hingga saat ini Solo belum menandatangani host city agreement Piala Dunia U-17.   

"Belum, namun yang pasti komitmen kami sama seperti U-20," katanya. 

Terkait dengan dukungan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menurut dia ada dukungan penuh dari Pemprov Jateng.   

"Beliau sudah tahu, sudah tak bisikin. Pasti mendukung penuh, tenang saja. Event apapun, olahraga atau musik, dan lain-lain ," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya