Daerah Rabu, 20 Juli 2022 | 22:07

Stok Vaksin Covid-19 di Kota Cirebon Aman

Lihat Foto Stok Vaksin Covid-19 di Kota Cirebon Aman Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Opsi/Pixabay)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Stok vaksin Covid-19 di Kota Cirebon mencukupi. Setiap puskesmas dan rumah sakit memiliki jadwal vaksinasi yang dapat diakses oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon Edy Sugiarto menjelaskan saat ini pihaknya terus menggencarkan vaksinasi Covid-19.

“Vaksinasi Covid-19 dilakukan di setiap puskesmas termasuk di RSD Gunung Jati,” tutur Edy, Rabu 20 Juli 2022 usai pelaksanaan sosialisasi dan advokasi lintas sektor bulan imunisasi anak nasional (BIAN) di Balai Kota Cirebon.

Masing-masing puskesmas dan rumah sakit sudah memiliki jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Sedangkan untuk stok vaksin, menurut Edy, terbilang aman.

Untuk vaksin Sinovac masih tersedia di setiap puskesmas di Kota Cirebon. Sedangkan untuk vaksin Astrazeneca stok yang tersedia untuk dua ribu sasaran.

“Kalau mau habis kita bisa segera minta. Habis pasti datang, di pusat banyak,” ujar Edy.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada warga untuk mendatangi puskesmas dan rumah sakit guna mendapatkan vaksinasi, termasuk vaksin ketiga atau booster yang menjadi syarat dilakukannya perjalanan keluar kota.

Pada kesempatan itu, Edy juga mengakui di Kota Cirebon sudah ada lagi kasus Covid-19. Meskipun secara keseluruhan masih melandai.

Pasien Covid-19 didominasi pasien yang bergejala ringan sehingga melakukan isolasi mandiri.

Baca juga:

Warga Indramayu Kini Bisa Bayar Pajak Sambil Nongkrong dan Ngopi, Simak Jadwalnya Ya

Pemda Kota Cirebon Monitoring Perdagangan Hewan Kurban

Rata-rata pasien terpapar Covid-19 setelah melakukan perjalanan keluar kota.

Oleh karena itu, Edy tetap mewanti-wanti agar protokol kesehatan (prokes) tetap dijaga, terutama dengan tetap menggunakan masker.

“Intinya Covid-19 masih ada, jadi kewaspadaan tetap harus dijaga, masker tetap,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Covid-19.cirebonkota.go.id., capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 125,90 persen, vaksinasi dosis kedua mencapai 99,81 persen dan vaksinasi dosis ketiga atau booster mencapai 31,37 persen. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya