Daerah Selasa, 18 Januari 2022 | 16:01

Strategi Pemkot Cirebon Hadapi Omicron

Lihat Foto Strategi Pemkot Cirebon Hadapi Omicron Omicron (Foto: Pixabay)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon telah menyiapkan strategi dalam menghadapi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan pihaknya telah meminta rumah sakit yang ada di Kota Cirebon untuk melakukan kesiapsiagaan.

Selain itu kata Agus, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khususnya untuk anak 6-11 tahun terus digenjot.

“Capaian vaksinasi anak saat ini sudah 80,88 persen,” tutur Agus di sela-sela kegiatan operasi pasar minyak goreng dan sejumlah komoditas di gedung Pusat Grosir Cirebon (PGC), Selasa 18 Januari 2022.

Dengan capaian tersebut Pemda Kota Cirebon optimis Kamis 20 Januari 2022 mendatang bisa mencapai 100 persen atau sebanyak 31.187 anak di Kota Cirebon sudah tervaksin.

Untuk ketersediaan vaksin menurut Agus mencukupi.

Namun vaksin yang tersedia di Kota Cirebon saat ini jenis sinovac dan berdasarkan surat edaran dari Menteri Kesehatan, vaksin tersebut hanya boleh digunakan untuk vaksin anak 6-11 tahun, atau untuk 12 tahun ke atas dosis kedua. 

Selain itu upaya testing, tracing, dan treatment juga terus dilakukan oleh Dinkes Kota Cirebon.

Sedangkan untuk pembagian work from home (WFH) dan work from office (WFO) seperti anjuran pemerintah pusat, Agus menjelaskan pembagian kerja tersebut juga diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), yaitu sektor esensial dan non esensial. 

“Khusus untuk Kota Cirebon, ASN kita anggap esensial semua, jadi 100 persen,” tutur Agus.

Terlebih saat ini Kota Cirebon sudah masuk pada penerapan PPKM level satu kembali, sehingga masih diterapkan 100 persen bekerja dari kantor.

“Tapi ada evaluasi setiap satu minggu. Kalau memang ada kenaikan kita evaluasi,” pungkas Agus. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya