News Kamis, 03 November 2022 | 11:11

Substansi UU Cipta Kerja Tak Berubah, Moeldoko: Lebih Pada Persoalan Formil

Lihat Foto Substansi UU Cipta Kerja Tak Berubah, Moeldoko: Lebih Pada Persoalan Formil Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat peluncuran buku "The Power of Forgiveness: Memoar Korban Bom JW Marriot" dan Peringatan 19 tahun Tragedi JW Marriot 2003, di Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022. (Foto: KSP)

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan substansi dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tidak berubah.

Moeldoko mengungkapkan, UU tersebut tetap berlaku meskipun Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan memerintahkan Pemerintah dan DPR untuk memperbaiki UU tersebut dalam 2 tahun.

"Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) lebih pada persoalan formil belum ke substansi," kata Moeldoko saat menerima audiensi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) seperti mengutip keterangannya, Kamis, 3 November 2022.

Ia menyebutkan bahwa pembuat undang-undang tersebut, yakni Pemerintah dan DPR, akan memperbaiki UU Cipta Kerja yang mengacu pada UU Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022, lanjutnya, mengatur berbagai hal, di antaranya tentang metode omnibus dalam pembentukan perundang-undangan, memperkuat keterlibatan dan partisipasi masyarakat yang bermakna, pembuatan perundang-undangan secara elektronik, hingga kemudahan akses bagi penyandang disabilitas.

"Terkait dengan partisipasi publik, kami akan dorong dan lakukan supaya masyarakat tidak lagi skeptis terhadap UU CK," ujarnya.

Dia juga menjelaskan pemerintah telah berupaya keras untuk menarik banyak investor agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Moeldoko berharap kedatangan investor tersebut dapat membuka lapangan kerja.

Terkait dengan itu untuk menjaga iklim investasi yang baik dibutuhkan stabilitas politik, efisiensi birokrasi, dan kepastian dalam berbagai hal.

"Dengan UU Cipta Kerja ini, kita memberikan kepastian-kepastian itu, seperti kepastian izin usaha dan lainnya," ucap Moeldoko.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya