Daerah Selasa, 07 Juni 2022 | 23:06

Sudah Ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Parapat

Lihat Foto Sudah Ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Parapat Stasiun Pengisian Listrik Kendaraan Umum di Parapat, Danau Toba diresmikan, Selasa, 7 Juni 2022. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Simalungun - Di Kota Parapat, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, sudah ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Diresmikan pemakaiannya oleh PLN Unit Layanan Pelanggan Parapat bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga pada Selasa, 7 Juni 2022.

Peresmian SPKLU ditandai dengan pengguntingan pita oleh bupati bersama GM PLN Sumatra Utara Pandapotan Manurung dan Manajer PLN Pematangsiantar Petrus Gading Aji.

Sebelum melakukan peresmian, Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga mencoba mengendarai mobil listrik.

Bergerak dari Wisma Retta Parapat menuju lokasi acara di kantor Unit PLN ULP Parapat, didampingi GM PLN Sumatra Utara dan Manager PLN Pematangsiantar.

Baca juga:

Nikmati Wisata di Kawasan Borobudur Naik Kendaraan Listrik, Danau Toba Belum

Pandapotan Manurung mengatakan, SPKLU selain menjadi terminal pengisian kendaraan listrik umum, juga dapat digunakan sebagai rest area. 

Bupati Radiapoh berterima kasih dipercayanya Kota Parapat menjadi tempat pertama di Sumatera Utara didirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum.

"Kami melihat hal ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa, dan merupakan sejarah di Simalungun," kata dia.

Dia kemudian bercerita soal mobil listrik yang tadi digunakannya. Dia menyebut sangat nyaman dan ramah lingkungan.

"Saya lihat ini sangat baik bagi kita, ini sangat mudah digunakan serta tidak banyak perawatan dan tidak harus keluar duit untuk membeli BBM," katanya.

Radiapoh menilai ini sebuah terobosan yang baik. Memanfaatkan teknologi untuk mengurangi pemakaian energi yang berasal dari fosil bumi. 

"Mobil listrik ini merupakan energi tak habis pakai," kata bupati.

Kota Parapat dengan Danau Toba menjadi salah satu pariwisata super prioritas di Indonesia. Menjadi tujuan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 

"Keberadaan SPKLU ini sangat strategis dalam mendukung Danau Toba tujuan wisata super prioritas," katanya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya