News Sabtu, 23 April 2022 | 22:04

Sudah Diresmikan Anies, Ini 8 Fasilitas Tebet Eco Park

Lihat Foto Sudah Diresmikan Anies, Ini 8 Fasilitas Tebet Eco Park Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (foto: Opsi/Victor Jo).

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Tebet Eco Park di Jakarta Selatan pada Sabtu, 23 April 2022. Seusai diresmikan DKI-1, ruang terbuka hijau (RTH) yang memiliki banyak fasilitas ini sudah dapat dimanfaatkan masyarakat.

Konsep Tebet Eco Park ini menghadirkan keindahan alami taman melalui pemulihan ekosistem dan naturalisasi RTH, serta penyediaan fasilitas taman yang mengakomodasi ragam aktivitas warga.

Terdapat delapan zona pada Tebet Eco Park yang merepresentasikan alam di tengah kota, yaitu sisi utara terdapat Tebet Eco Park Plaza, Community Lawn, Thematic Garden, dan UMKM. Sedangkan sisi selatan terdapat Wetland Boardwalk, Community Garden, Children Garden, Children Playground, Forest Buffer.

Berikut fasilitas di Tebet Eco Park Sisi Utara dan Selatan:

1. Tebet Eco Park Plaza

Merupakan area plaza penerima utama yang di dalamnya terdapat meja informasi, toilet, musala, kios makanan dan minuman, serta amphitheatre dengan pemandangan alam.

2. Community Lawn

Diperuntukkan sebagai pusat berkumpulnya pengunjung dan mengakomodasi beragam kegiatan pengunjung dengan berbagai skala.

3. Thematic Garden

Dirancang sebagai kawasan sosialisasi dan rekreasi bagi pengunjung untuk menikmati ruang terbuka hijau yang berada di bawah pohon-pohon Leda dengan tema zonasi berupa tanaman berbunga, tanaman aromatik dan area piknik.

4. UMKM

Di mana pengunjung dapat menemukan cinderamata yang hanya dapat ditemukan di Tebet Eco Park.

5. Wetland Boardwalk

Merupakan zona edukasi berupa boardwalk di atas tanah yang menelusuri habitat wetland.

6. Community Garden

Berupa zona yang berada di pintu masuk taman selatan akan mengakomodasi kegiatan berkebun masyarakat.

7. Children Playground

Dirancang sebagai rangkaian playscape yang terinspirasi oleh hewan yang hidup di rawa dan gerakan hewan-hewan, seperti meluncur bagaikan ular dan melompat bagai katak.

8. Forest Buffer

Di mana terdapat berbagai macam varietas pohon eksisting yang tetap dipreservasi, gagasan untuk memanfaatkan kanopi rindang yang ada di area eksisting sebagai elemen utama dari zona. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya