Daerah Senin, 18 Juli 2022 | 12:07

Suhardi Duka Dorong Pemanfaatan Sampah di Mamuju

Lihat Foto Suhardi Duka Dorong Pemanfaatan Sampah di Mamuju Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Sulbar, Suhardi Duka, saat menghadiri Bimtek pengelolaan sampah dan peningkatan nilai ekonomi sampah di Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Sulawesi Barat (Sulbar), Suhardi Duka mendorong pemanfaatan sampah di Kabupaten Mamuju, Sulbar.

Hal tersebut disampaikan SDK, sapaan akrabnya, saat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan sampah dan peningkatan nilai ekonomi sampah yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

SDK mengungkapkan, sampah menjadi tanggung jawab bersama, sehingga bagaimana bisa mengelolahnya bernilai ekonomi.

"Mana yang bisa dibuat kompos dan mana yang bisa di daur ulang," kata SDK, saat diwawancarai wartawan, Senin, 18 Juli 2022.

Sehingga, kata Bupati Mamuju dua periode itu, dirinya memberikan dukungan terhadap pengelolaan sampah hingga menjadi pupuk kompos, gas, serta produk daur ulang.

"Sisa bagaimana kita berusaha dengan sungguh-sungguh dan kita akan support. Kalau ada masyarakat mau di support silahkan laporkan ke DLHK," katanya.

Pengelolaan atau pemanfaatan sampah bisa menjadi objek UMKM jika dikelola dengan sungguh-sungguh.

"Kita berharap, pihak Kementerian LHK memberikan edukasi dengan baik, sehingga masyarakat paham cara pengelolaan sampah yang benar dan bernilai ekonomi," kata SDK. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya